LatestTRIPSPOT

5 Tempat Wisata Hits di Tarakan

Trippers.id – Halo Trippers, kamu pasti tahu dong dengan Suku Tidung yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan. Suku Tidung adalah sebuah suku yang mendiami Provinsi Kalimantan Utara khususnya Kota Tarakan. Kalimantan Utara sendiri merupakan provinsi yang baru berdiri. Meski demikian, Kalimantan Utara khususnya Kota Tarakan memiliki pesona wisata yang tak kalah indah dari daerah lain.

adanya kekayaan nilai budaya dan adat istiadat serta pesona alamnya, membuat Tarakan menjadi pilihan destinasi yang cocok buat kamu yang ingin menelusuri negeri indah yang berbatasan dengan Malaysia ini. Tanpa banyak basa-basi lagi, yuk kita simak rangkuman dari Trippers.id tentang 5 Tempat Wisata Hits di Tarakan.

1. Baloy Mayo Adat Tidung

Foto: commons.wikimedia.org

Mengenal sebuah suku atau sebuah bangsa tentu akan lebih baik jika kita langsung mendatangi kediaman tuan rumahnya. Begitu pula mengenal suku Tidung, kita bisa mengenal lebih dekat tentang suku Tidung dengan mengunjungi Baloy Mayo Adat Tidung. Berada di Tarakan Baru, balai adat yang satu ini hanya berjarak sekitar 4,5 kilo meter atau berjarak sekitar 10-15 menit saja dari Bandara Juwata.

Pengunjung yang ingin mengunjungi balai adat ini hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 3000,- saja. Jika kamu ingin merasakan keseruan yang lebih, kamu bisa datang pada bulan Desember. Karena masyarakat Tidung akan mengadakan ritual Iraw Tengkayau, yaitu ritual tolak bala dengan membuang sesaji ke Pantai Amal.

2. Museum Rumah Bundar

Foto: ksmtour.com

Berjarak 15 Km ari Bandara Juwata, tidak jauh dari Baloy Mayo. Rumah bekas peninggalan perang dunia II ini kini menjadi sebuah museum yang akan membawa kita kembali ke masa lalu dengan melihat-lihat sisa-sisa peperangan pada masa itu.

Rumah dengan ukuran 6 X 12 meter ini memiliki koleksi yang menarik, mulai dari senapan mesin, pedang tentara Jepang, hingga pakaian perang para penjajah dahulu. Bahkan sisa-sisa baling-baling pesawat tempur masih bisa kita temui di museum ini.

3. The Bais Hill

Foto: 2pos.asia

Berada di Jl Amal Baru, Rt. 06, Pantai Amal, Tarakan, kolam renang yang merupakan alih fungsi dari bangunan peninggalan zaman Belanda ini menjadi kolam renang umum yang paling diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Tarakan.

Buka mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore, kolam renang ini memiliki wahana air yang sederhana namun sangat menyenangkan. Sangat cocok buat Trippers yang mau berwisata berasama keluarga, sekalian bawa keluarga dia juga ya, hihihi.

4. Pohon Satu Tanjung Pasir

Foto: youtube.com

Mengutip dari borneo.id, Wisata Pohon Satu merupakan objek wisata di alam terbuka dan di sana terdapat satu buah pohon besar. Berada di hamparan taman yang sangat luas menjadikan keberadaan pohon tersebut begitu terlihat jelas. Seperti namanya, satu pohon tersebut tumbuh subur dengan daun hijau lebat. Dari dekat maupun kejauhan, tumbuhan tersebut menyimpan daya tarik yang bagus. Banyak para wisatawan lokal dan luar kota yang dengan sengaja ingin berfoto dengan tumbuhan pohon satu tersebut. Tanah yang luas dengan hamparan rumput hijau tersebut seringkali dituju oleh wisatawan. Selain berfoto, mereka juga bisa bersantai sebab tempat ini sangat sejuk.

5. Grand Tarakan Mall

Foto: mapio.net

Siapa nih, yang memegang teguh prinsip tiada liburan tanpa belanjaan? Kalau gitu, kamu wajib mengunjungi mal megah di Tarakan ini. Berada di Jl. Kom L Yos Sudarso, Karang Rejo, Tarakan Barat, Kota Tarakan, mal terbesar se- Kalimantan Uara ini memiliki 14 lantai yang 3 lantai bawah digunakan untuk mal dan selebihnya digunakan sebagai hotel.

Di sini kamu bisa berbelanja oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah yang ditawarkan oleh lapak UMKM yang ada di dalam mal. Tak lupa juga, manjakan dirimu dengan menonton film-film terbaru karya anak bangsa di bioskop Grand Tarakan Mall ya, Trippers.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *