LatestTRIPFOOD

5 Pasta Lezat di Italia, Kamu Harus Coba!

Trippers – Pasta merupakan makanan yang sudah mendunia dan difavoritkan banyak orang. Sama halnya di Indonesia, di mana spageti merupakan jenis pasta yang paling populer.

Meski banyak yang berdebat tentang asal usul pasta, tapi gak bisa dipungkiri Italia memiliki ratusan resep pasta yang lezat-lezat. Nah, berikut lima jenis pasta yang paling populer di Italia.

  1. Pasta carbonara
Foto : www.lemonilo.com

Selain spaghetti bolognese, pasta carbonara juga sudah mendunia. Carbonara kini banyak dikreasikan di berbagai negara. Tapi resep aslinya adalah menggunakan spageti, guanciale atau daging babi yang diawetkan, kuning telur, dan keju pecorino romano.

  1. Lasagne alla Bolognese
Foto : www.manjoo.it

Siapa nih yang tak kenal lasagna? Menu pasta satu ini juga rupanya berasal dari kota Bologna, lho. Lasagna sendiri merupakan pasta yang dibuat berlapis-lapis dalam satu wadah dan ditambahkan saus ragu alla bolognese serta beberapa jenis keju.

Lasagna ini kemudian dibakar sampai bagian tengahnya lembut dan luarnya terlihat lebih crispy. Jenis lasagna yang biasa digunakan adalah yang menggunakan bayam dan telur.

  1. Tagliatelle al ragu alla Bolognese
Foto : www.eataly.com

Tagliatelle merupakan salah satu jenis pasta berbentuk seperti mi pipih. Sementara sausnya ragu alla bolognese menggunakan daging sapi atau babi yang dicampur dengan tomat atau yang lebih dikenal sebagai bolognese. Bolognese berasal dari kota Bologna di Italia.

Sementara banyak yang mengenal bolognese disajikan bersama spagheti, di kota asalnya saus ini lebih sering disajikan bersama pasta jenis tagliatelle, fettucini atau pappardelle.

  1. Spaghetti alle vongole
Foto : www.buonissimo.it

Jenis pasta yang satu ini lebih simpel dari segi bahan dan cara membuatnya, lho. Seperti namanya, pasta ini hanya membutuhkan spageti, remis vongole, bawang putih, parsley, dan olive oil.

Spaghetti alle vongole memiliki dua versi, yaitu tidak menambahkan tomat pada resepnya yang biasa disebut bianco. Sementara versi lainnya adalah yang menggunakan saus tomat atau disebut spaghetti alle vongole con la salsa di pomodoro.

  1. Cacio e pepe
Foto : blog.giallozafferano.it

Salah satu jenis pasta yang juga menjadi favorit karena sederhananya bahan yang dibutuhkan, yaitu cacio e pepe. Pasta ini berasal dari Roma dan hanya menggunakan bahan, seperti pasta yang biasanya jenis spageti, keju pecorino romano, garam, dan lada hitam bubuk.

Cacio e pepe merupakan jenis pasta yang menjadi favorit para penggembala di Roma dulu, lho.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *