LatestTRIPFOOD

5 Panganan Khas Flores

Indonesia memang terkenal dengan gudangnya makanan yang mampu membuat lidah tidak mau berhenti bergoyang.

Makanan khas Flores berikut ini pun juga tak kalah lezat dan memanjakan lidah loh bahkan siap untuk membuatmu ketagihan dengan rasaya yang unik dan jarang bisa dijumpai di daerah lainnya. Langsung saja simak yuk daftarnya di bawah ini :

1. Jagung Catemak Flores

jagung catemak khas flores
Jagung Catemak Khas Flores – via merahputih.com

Makanan khas Flores Manggarai yang satu ini memiliki bahan dasar jagung yang ditambahkan dengan labu lilin dan kacang hijau.

Melihat bahan yang digunakan, pasti Kamu akan mengira masakan ini memiliki rasa manis dan cocok disantap ketika cuaca sedang terik.

Namun, ternyata jagung catemak ini memiliki citarasa asin dan biasanya disajikan dengan nasi putih hangat.

2. Ikan Kuah Asam

ikan kuah asam flores
Ikan Kuah Asam Khas Flores – via beritagar.id

Ingin mencari makanan khas Flores yang berkuah segar dan cocok dinikmati setelah berpanas-panasan di pantai sekitar Labuan Bajo? Ikan kuah asam ini sangat cocok untuk Kamu nikmati.

Dengan rasanya yang asam dan daging ikan segar yang digunakan dalam masakan ini membuat tubuh kembali fresh dan cukup untuk memberi energi sebelum memutuskan untuk kembali jalan-jalan atau berkunjung ke tempat wisata lainnya.

3. Jagung Bose

jagung bose khas flores
Jagung Bose Makanan Khas Flores – via labuanbajotour.com

Makanan ini adalah bubur jagung khas Flores, yang memiliki bahan utama sesuai dengan namanya, yaitu jagung yang diolah bersama santan, kacang merah, dan kacang tanah.

Makanan khas Flores ini biasanya disajikan bersama ikan bakar atau se’i. Makanan ini umum dijadikan sebagai menu sarapan atau makan malam, makanan ini juga menjadi salah satu makanan khas Nusa Tenggara Timur pada umumnya.

4. Se’i Sapi Khas Flores

sei sapi khas flores
Se’i Daging Asap Khas Flores – via travel.tribunnews.com

Merupakan salah satu makanan khas Flores Ende yang terbuat dari daging asap, umumnya terbuat dari daging sapi atau daging babi. Dalam proses pembuatannya daging akan diawetkan melalui proses pengasapan.

Setelah diasapi, barulah se’i akan dimasak dengan cara menggorengnya atau bisa juga ditumis dengan bunga pepaya.

5. Rumpu Rampe Khas Flores

rumpu rampe flores
Rumpu Rampe Khas Flores – via pesona.travel

Selain terkenal dengan makanan berbahan dasar jagung, Flores juga memiliki rumpu rampe yang terbuat dari daun ubi dan daun pepaya.

Makanan ini banyak dijumpai di Maumere yang biasanya dihidangkan bersama ikan bakar.

Rasa khas dari daun pepaya yang berpadu dengan gurihnya ikan bakar menjadi sajian yang pas untuk memanjakan lidah. Yakin tidak mau mencicipi rasanya?

(PVK|Tresna Erwan|Foodnesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *