LatestTRIPFOOD

5 Nasi Liwet di Solo yang Terkenal Enak

Tak lengkap ke Solo tanpa cicip nasi liwet. Nasi beraroma gurih ini diberi lauk komplet seperti sayur labu siam, suwiran ayam, dan areh. Sedap!

Jika berkunjung ke Solo, Anda akan menemukan banyak nasi liwet dijual di ruas-ruas jalan. Tak heran karena one dish meal dari Solo ini punya banyak penggemar.

Nasi Liwet atau sego liwet ini berbeda dengan nasi liwet Sunda. Nasi liwet Solo dimasak dengan santan dan disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam, dan areh atau sari santan kelapa.

Pelengkapnya ada potongan hati/ampela ayam, tempe, tahu dan telor bacem, dan kerupuk kulit sehingga menghasilkan santapan yang sangat nikmat!

Nasi liwet terkenal dengan teksturnya yang pulen dan rasa gurih. Disajikan dengan daun pisang, aromanya makin nikmat.

Jika berkunjung ke Solo, sempatkan mampir untuk makan malam di salah satu warung nasi liwet berikut ini ya!

  1. Nasi Liwet Yu Sani
Foto : hartonotradecenter.com

Kalau kami cari nasi liwet yang murah meriah dan punya banyak pilihan lauk, Nasi Liwet Yu Sani jawabannya. Selain suwiran ayam dan telur, ada uritan dan ati ampela ayam juga.

Dimakan dengan nasi yang pulen dan sayur labu yang gurih, bisa bikin malam kamu di Solo makin menyenangkan. Apalagi kalau minumnya teh panas manis, duh, nikmat!

Lokasi : Jalan Veteran Nomor 90-191, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta

  1. Nasi Liwet Bu Sarmi
Foto : ejalista.wordpress.com

Nasi liwet yang gurih di sini terkenal murah meriah. Meskipun begitu tetap disajikan dengan lauk lengkap. Ayamnya empuk, porsi sayur labu siamnya banyak dan nasinya juga pas. Lokasi Nasi Liwet Bu Sarmi bersebelahan dengan susu Shi Jack, pelopor susu segar yang juga khas Solo.

Lokasi : Jl. Kapten Mulyadi, Lojiwetan

  1. Nasi Liwet Bu Kirmadi
Foto : www.kompas.com

Laper tengah malam dan pengen nasi liwet di Solo yang terkenal? Ada nih, Nasi Liwet Bu Kirmadi yang buka sampai jam 04.00 pagi! Meski bukanya malam, lauk yang disediakan gak kalah dengan warung nasi yang buka di pagi hari.

Gorengan seperti mendoan dan tahu goreng ada, telur bacem ada, bahkan mereka juga sedia aneka jenang seperti jenang tumpang, jenang terik, dan ketan. Lengkap!

Lokasi: Jalan Kyai Mojo Nomor 82, Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta

  1. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu
Foto : www.idntimes.com

Sudah berjualan sejak 1950, gak heran kalau Nasi Liwet Bu Wongso Lemu ini terkenal. Pilihan lauk di sini beragam banget, mulai dari telur, suwiran ayam, atau mau pakai keduanya? Bisa!

Suasanya warung yang sudah dikelola generasi ketiga ini selalu ramai, apalagi saat libur panjang, pasti disesaki wisatawan. Dan kalau di sini, jangan lupa menjajal wedang rondenya, biar badan hangat.

Lokasi : Jalan Teuku Umar, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta

  1. Nasi Liwet Bu Sri
Foto : www.tripadvisor.co.id

Nasi Liwet Bu Sri ada di Pasar Gede. Diracik dengan sayur labu, suwiran ayam, tahu bumbu kuning, ampas santan dan lauk tambahan yang bisa dipilih. Ada hati, kepala ayam, ceker, sayap atau telur yang enak. Pembeli bisa menentukan sendiri isian nasi liwetnya sesuai selera.

Lokasi : Jl. Honggowongso No.107, Sriwedari, Laweyan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *