LatestTRIPFOOD

5 Makanan Khas Pesisir Barat yang Wajib Dicoba

Trippers – Pesisir Barat merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Lampung dengan Krui sebagai pusat pemerintahannya. Pesisir Barat tak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya yang mengagumkan, tapi ragam kuliner khasnya juga sangat menggugah selera.

Mengingat letak kabupaten ini ada di pesisir Samudera Hindia, tak heran jika kuliner khasnya banyak yang berbahan dasar dari ikan. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.

  1. Seruit
Foto : www.jalajahnusae.com

Seruit merupakan sebutan untuk makanan yang terbuat dari ikan bakar dan berbagai sambal terasi khas Lampung. Beberapa jenis ikan yang digunakan meliputi ikan baung, ikan layis, dan ikan balide.

Seruit biasanya disantap bersama dengan lalapan dari sayur-sayuran dan mangga. Cita rasanya gurih dan nikmat.

  1. Kue Engkak
Foto : www.idntimes.com

Sekilas tampilan kue engkak mirip seperti kue lapis. Bahan-bahan untuk membuat kue engkak terdiri dari telur ayam, tepung ketan putih, mentega, gula pasir, santan, dan susu kental manis. Kemudian aduk semua bahan tersebut hingga merata.

Setelah itu, masukkan adonan ke dalam loyang yang sebelumnya telah diolesi mentega. Selanjutnya adonan dipanggang hingga matang. Kue engkak memiliki cita rasa manis dengan tekstur yang lembut saat digigit.

  1. Gulai Taboh
Foto : www.batiqa.com

Jika diperhatikan dengan saksama, gulai taboh memiliki tampilan yang sama seperti sayur lodeh. Pada dasarnya hidangan yang satu ini terbuat dari ubi-ubian atau kacang-kacangan, santan, rebung, dan ketan. Bahkan masyarakat Pesisir Barat juga kerap menambahkan ikan ke dalamnya.

  1. Gabing
Foto : ayotraveling.com

Gabing merupakan sebutan untuk makanan khas Pesisir Barat yang menggunakan bahan dasar umbut kelapa atau batang kelapa yang masih muda. Mula-mula batang kelapa muda diiris memanjang berukuran 3 hingga 4 cm.

Kemudian batang kelapa tersebut direbus bersama dengan santan dan bumbu opor. Gabing bisa disantap dengan kuah atau pun tidak. Agar cita rasa semakin nikmat, biasanya gabing ditambahkan dengan daging atau jamur.

  1. Kue Geguduh
Foto : seringjalan.com

Geguduh merupakan salah satu kuliner khas Pesisir Barat berupa kue yang terbuat dari buah pisang yang sebelumnya telah dihaluskan. Setelah itu kue geguduh dimasak dengan cara digoreng hingga warnanya berubah menjadi sedikit kecokelatan dan teksturnya menjadi sedikit renyah di luar tapi tetap lembut di dalam.

Menurut masyarakat setempat, kue geguduh paling enak disajikan saat minum teh atau kopi.

Nah, itulah beberapa makanan khas dari bagian pesisir barat yang bisa kamu coba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *