LatestTRIPFOOD

5 Makanan Khas Muara Enim yang Akan Memanjakan Lidahmu

Trippers – Tak hanya keindahan alam yang mengagumkan, setiap daerah di Indonesia juga terkenal dengan ragam kuliner khas yang lezat, salah satunya kabupaten Muara Enim di Sumatera Selatan. Hanya menggunakan bahan-bahan berkualitas dan bumbu rempah-rempah lokal menjadikan kenikmatan hidangan khas kabupaten ini sulit untuk ditemukan di daerah lain.

Kira-kira ada apa saja ya kuliner yang bisa kamu temui di Muara Enim? Yuk simak ulasannya berikut ini.

  1. Ikan kerutuk
Foto : www.lupalibur.com

Kuliner ini cocok dikonsumsi oleh kamu yang menyukai makanan pedas. Ikan kerutuk merupakan hidangan dari ikan yang ditumis dengan bumbu rempah-rempah, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, dan lengkuas.

Perpaduan gurih dan lembutnya daging ikan dan bumbu pedas dari kuliner ini dipastikan bisa membuat lidahmu bergoyang.

  1. Brengkes tempoyak
Foto : merahputih.com

Brengkes tempoyak atau pepes tempoyak merupakan hidangan yang terbuat dari perpaduan ikan dan tempoyak. Selain cita rasanya yang lezat, brengkes tempoyak juga memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Membuat brengkes tempoyak sangatlah mudah. Mula-mula lumuri ikan dengan tempoyak dan bumbu halus yang terdiri dari cabai, bawang merah, bawang putih, laos, dan kunyit. Kemudian didiamkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, bungkus menggunakan daun pisang lalu dibakar hingga matang.

  1. Bubur kinco
Foto : poskan.com

Bubur kinco terbuat dari ketan, saus durian, dan cempedak. Untuk membuat hidangan ini mula-mula kamu harus menyiapkan saus durian dari santan dan dodol durian. Kemudian masukkan cempedak tanpa biji yang sebelumnya sudah dijemur. Lalu masak hingga teksturnya mengental. Langkah terakhir siram saus ke atas ketan dan bubur kinco siap disajikan.

  1. Kopi semendo
Foto : www.bukalapak.com

Selain hidangan yang lezat, saat berkunjung ke Muara Enim jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kopi dengan perpaduan rasa rempah yang luar biasa. Terdapat dua jenis kopi semendo yang bisa kamu pilih, yaitu robusta semendo dan arabika semendo.

Tekstur biji robusta semendo lebih tebal dengan rasa cokelat dan sedikit rempah-rempah. Sedangkan arabika semendo cita rasanya lebih asam, tidak pahit, ada sedikit rasa buah, dan aromanya seperti brown sugar.

  1. Bekasam
Foto : remas.nu

Bekasam merupakan kuliner khas Muara Enim hasil fermentasi dari ikan air tawar dan nasi. Caranya yaitu dengan menambahkan garam pada kedua bahan tersebut lalu disimpan dalam wadah tertutup selama kurang lebih seminggu.

Setelah itu, bekasam dimasak dengan cara ditumis hingga matang. Hidangan ini semakin lezat saat disantap dengan nasi hangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *