LatestTRIPFOOD

5 Makanan Khas India Saat Perayaan Diwali

Trippers – Diwali menandakan hari di mana Dewa Rama kembali ke rumah setelah menghabiskan 14 tahun di hutan, jauh dari keluarganya. Selain karena sejarah Ramayana, masyarakat juga merayakan Diwali sebagai ‘Lakshmi puja’. Dipercaya bahwa Dewi Lakshmi menghiasi rumah-rumah itu dengan kekayaan dan kemakmuran yang diterangi saat hari besar!

Tetapi Festival Diwali tidak lengkap tanpa manisan. Terdapat beragam makanan ringan yang secara tradisional disiapkan selama musim perayaan ini.

1. Samosa

Foto : food.detik.com

Samosa memiliki cita rasa renyah dan pedas. Biasanya menjadi camilan saat perayaan ini. Jika kamu mengadakan pesta Diwali, harus menyajikan ‘chai- samosa’ kepada tamu.

2. Gulab Jamun

Foto : yourfoodfantasy.com

Gulab jamun biasanya paling disukai anak-anak, karena aroma susunya yang wangi dan rasa manisnya menyenangkan. Makanan ini terbuat dari adonan berbahan dasar susu yang digoreng, lalu disiram sirup dari campuran gula, jahe, dan air mawar.

3. Puran poli

Foto : recipes.timesofindia.com

Berbeda dengan roti canai yang cenderung gurih, poran poli lebih terasa manis. Selain dimakan langsung, biasanya makanan ini disajikan dengan kari pedas bernama amti.

4. Sooji Halwa

Foto : food.ndtv.com

Sooji halwa sudah sangat umum disiapkan di setiap rumah di India pada acara-acara khusus. Dari ulang tahun hingga festival. Umumnya ditemukan di meja makan karena semua orang menyukai rasanya.

5. Paneer Tikka

Foto : lovelaughmirch.com

Paneer tikka dianggap sebagai hidangan pembuka yang sempurna untuk semua kesempatan. Rasa pedas di atas paneer cubes yang lembut pasti akan memanjakan lidah.

 

Baca Juga Kuliner Nusantara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *