LatestTRIPFOOD

5 Kuliner Menggoda Selera dari Riau

Trippers.id – Menikmati suatu makanan khas dari suatu daerah tentulah sangat nikmat, apalagi jika Anda mencicipinya langsung di kota asalnya. Memang seperti yang Anda ketahui jika negara Indonesia, sangat kaya akan ragam kulinernya yang mampu menghipnotis dan juga memanjakan lidah siapa saja, Termasuk juga Anda.

Nah salah satu kuliner yang wajib untuk Anda coba adalah makanan khas Riau. Nah bagi Anda yang saat ini ingin berkunjung dan juga menghabiskan waktu liburan Anda bersama keluarga di Provinsi Riau, maka berikut beberapa daftar menu atau juga makanan khas Riau yang tidak boleh untuk Anda lewatkan.

Makanan khas Riau berikut ini akan sangat nikmat juga jika Anda menyantapnya dengan nasi hangat dan juga sayur ubi yang direbus.

1. Mie Sagu

makanan khas riau

phinemo.com

Ada olahan mie yang sangat unik dan juga kreatif dari provinsi Riau ini. Jika biasanya Anda menikmati mie yang terbuat dari tepung terigu, maka berbeda halnya dengan di Riau ini, karena Anda juga bisa menikmati dan juga mencicipi mie yang terbuat dari olahan tepung sagu.

Makanan khas Riau yang satu ini menjadi makanan yang sering sekali diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Riau. Bagi Anda yang sedang dalam program diet maka mie yang satu ini cocok sekali untuk Anda coba dan mie sagu ini juga sangatlah aman untuk Anda yang penderita penyakit diabetes, hal ini karena kadar gula didalam tepung sagu ini tidaklah tinggi jika dibandingkan dengan tepung lainnya.

Mie sagu ini juga sangatlah nikmat karena dilengkapi dengan menu ikan teri sambal goreng, tauge rebus dan juga daun kucai. Selain nikmat mie sagu ini juga sangatlah kaya akan nilai gizi dan juga nutrisinya.

2. Gulai Belacan

makanan khas riau

safiachinta.blogspot.co.id

Nah gulai belacan ini merupakan salah satu dari sekian makanan khas Riau yang sangat wajib untuk Anda coba. Gulai yang satu ini terbuat dari udang segar yang dimasak dengan menggunakan santan sehingga memiliki kuah yang kental.

Nah bumbu yang digunakan dalam pembuatan gulai belacan ini juga sangatlah khas berupa kemiri, lada serta juga mengunakan asam jawa. Selain itu Anda juga bisa memilih sendiri jenis udang yang nantinya bisa Anda nikmati, bisa berupa udang sungai air tawar atau juga jenis udang laut. Namun kedua jenis udang ini tetaplah nikmat.

3. Gulai Cipuik

travel.tribunnews.com

Memang provinsi Riau tidak habis menyajikan berbagai olahan makanan khas Riau yang bisa memanjakan lidah Anda. Salah satunya adalah gulai cipuik atau siput. Sesuai dengan namanya gulai yang satu ini terbuat dari olahan siput yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Rasanya yang lembut dengan tekstur yang kenyal akan menjadi sensasi tersendiri saat Anda menyantapnya.

4. Lopek Bugi

makanan khas riau

kaskus.co.id

Selain beberapa menu makanan khas Riau diatas, maka Anda juga wajib untuk mencoba lopek bugi. Lopek bugi ini merupakan jenis kue khas dari provinsi Riau atau oleh kebanyakan masyarakat Indonesia mengenalnya dengan kue lepat dari ketan. Anda bisa dengan mudah untuk menemukan kue yang satu ini karena banyak dijual dipasaran ataupun gerai- gerai yang ada di kota Riau.

Nah kue yang satu ini juga bisa Anda jadikan sebagai oleh- oleh untuk Anda bawa kepada sanak saudara Anda dikampung halaman. Nah itu dia beberapa makanan khas Riau yang wajib untuk Anda cicipi jika Anda berkunjung ke Riau.

5. Mie Lendir

makanan khas riau

batammurahtourguidetranspot.blogspot.co.id

Meskipun namanya terbilang ekstream namun Anda tidak perlu khawatir dengan makanan khas Riau yang satu ini yaitu mie lendir. Secara umum mie lendir ini sama dengan mie jenis lainnya. Hanya saja perbedaannya terletak pada kuah mie ini yang sangat kental dan juga menyerupai lendir.

Hal ini karena kuahnya tersebut terbuat dari ubi, kacang tanah, serta juga beberapa bumbu yang merupakan bumbu khas dari Riau. Mie yang digunakan dalam mie lendiri ini adalah mie kuning dan juga dilengkapi dengan telur rebus dan juga tauge serbat juga beberapa potongan cabai rawit.

———————————————————

sumber : gotravelly.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *