LatestTRIPFOOD

5 Kuliner Khas Prabumulih yang Lezat

Trippers – Prabumulih merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Sumatera Selatan. Penduduk yang tinggal di kota ini berasal dari berbagai macam suku, seperti suku Penesak, Suku Enim, suku Batak, dan suku Melayu Palembang.

Prabumulih juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata air Caroline Island hingga kampung wisata Prabumulih. Setelah puas menjelajahi destinasi wisatanya, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas yang kelezatannya mampu menggoyang lidah.

Penasaran apa saja kuliner khas Prabumulih? Yuk simak ulasannya berikut ini.

  1. Pempek semar
Foto : maps123.net

Pempek semar merupakan pempek yang paling populer di kota Prabumulih. Hal tersebut dikarenakan cita rasanya sangat gurih dan pedas manis pada cukonya. Aroma ikannya juga sangat terasa.

Selain bisa dimakan di tempat, pempek semar juga bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah karena tahan lama dan tidak cepat basi.

  1. Pindang tulang
Foto : www.resepenyak.com

Pindang tulang yang kaya akan bumbu rempah-rempah ini memiliki cita rasa asam, manis, dan pedas yang sangat khas di lidah.

Untuk membuat pindang tulang yang lezat kamu harus menyiapkan bahan-bahan yang terdiri dari tulang iga sapi, kecap manis, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, tomat, lengkuas, serai, daun salam, garam, asam jawa, dan gula.

  1. Bolu gulung nanas
Foto : cookpad.com

Bolu gulung nanas khas Prabumulih memiliki aroma buah nanas yang kuat karena hanya menggunakan buah nanas yang masih segar dan berkualitas. Rasanya sangat nikmat dan teksturnya lembut hingga terasa lumer di mulut. Supaya lebih lezat, biasanya bolu ini diberi tambahan krim dan parutan keju pada bagian atasnya.

  1. Tahok Tukok
Foto : www.idntimes.com

Tahok tutok merupakan hidangan berbahan dasar daun singkong atau daun ubi yang ditumbuk halus. Kemudian diberi aneka macam bumbu rempah-rempah, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, tomat, garam, dan gula.

Cita rasanya sangat lezat dan aroma bumbu rempah-rempahnya sangat kuat. Tahok tutok akan semakin nikmat saat disantap bersama dengan nasi hangat.

  1. Mie awek
Foto : www.tripjalanjalan.com

Mie awek adalah salah satu kuliner khas yang paling dicari oleh wisatawan saat berkunjung ke Prabumulih. Ada beragam jenis olahan mie awek yang bisa kamu pilih sesuai selera, seperti mie goreng ayam, mie goreng daging sapi, hingga mie goreng seafood.

Cita rasanya gurih dengan tekstur mie yang kenyal dan lembut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *