TRIPTIPS

6 Alasan Mengapa Harus Banyak Minum, Kamu Harus Tau!

Trippers.id – Pernahkah kamu merasa cukup tidur namun tetap merasa capek dan lelah? Bisa jadi itu disebabkan karena tubuhmu kurang cairan, dan kamu terus-terusan mengabaikan rasa haus. Bagi kesehatan tubuh kita itu tentu bahaya, karena selain buat tubuh tak lagi fit, kekurangan cairan bisa membuatmu meninggal dunia.

Hmmm, memangnya apa sih yang terjadi kalau kita tidak minum air? Yuk, simak kalau mau tahu!

1. Tubuh Kita Sebagian Besar Mengandung Air

Apakah kamu tahu bahwa 65 persen dari tubuh kita merupakan cairan? Itu berarti molekul H2O adalah molekul pembentuk tubuh kita. Kandungan cairan di dalam tubuh kita adalah yang membawa nutrisi dan hormon di seluruh tubuh, mengatur suhu tubuh, pelumas persendian dan mata kita. Belum lagi 1,5 liter cairan yang kita buang lewat buang air kecil, besar, bernapas dan juga keringat.

2. Rasa Haus Terletak di Otak

Manusia merasa haus ketika kekurangan cairan. Rasa haus itu diakibatkan bereaksinya bagian otak yang terletak di hypothalamus karena adanya sinyal yang berasal dari sensor di pembuluh darah. Contohnya adalah ketika kamu berkeringat terlalu banyak, volume dan tekanan darahmu akan turun. Otak mendeteksi hal ini, lalu menciptakan keinginan untuk minum atau rasa haus.

3. Organ-organmu Menunjukkan Kondisi Cairanmu

Pertanda kamu kekurangan cairan atau dehidrasi tampak melalui mulut yang kering. Bibir yang kering adalah salah satu contoh jelasnya. Hal itu dilanjutkan dengan urin yang memiliki warna semakin gelap, menunjukkan bagaimana tubuhmu berjuang untuk menyimpan cairan.

4. Dehidrasi Menyebabkan Banyak Hal

Kurangnya H2O mulai mempengaruhi kinerja otak di mana kamu sedikit merasa pusing, memiliki respons lambat dalam gerak dan merasakan rasa sakit. Faktanya juga, kekurangan cairan menyebabkan otakmu mengerut. Bahkan jika itu berlanjut selama dua hari, kamu akan berhenti kencing, kesulitan untuk menelan makanan, kejang otot, dan mual-mual.

5. Cukupnya Cairan Membuatmu Lebih Efektif dalam Bekerja

Terdapat sebuah riset mengenai masalah dehidrasi. Para ilmuwan mengambil partisipan yang terkena dehidrasi dengan mereka yang cukup terhidrasi dan menyuruh kedua tipe partisipan untuk melakukan sebuah pekerjaan.

Hasil studi menunjukkan mereka yang kena dehidrasi membuat otak bekerja lebih keras untuk masalah tenaga dan oksigen. Kasus para orang tua yang sering mengalami igauan, juga disinyalir para ilmuwan disebabkan kurangnya cairan saat mereka muda dulu.

6. Kekurangan Cairan Membunuh Organmu

Dehidrasi tanpa adanya masukan air dalam jangka waktu lama akan membuat darahmu berhenti mengalir. Itu menyebabkan kulitmu tampak berwarna abu-abu kebiruan dan tubuhmu mulai mengurangi keluarnya panas dari dalam tubuh di mana panas di dalam tubuhmu semakin naik. Tiga hingga lima hari tanpa air, tubuhmu perlahan-lahan mulai mematikan fungsi-fungsi organ dalammu dan juga otak.

Tinggalkan Balasan