ADAT & BUDAYA NUSANTARALatest

5 Tradisi Perayaan Natal di Indonesia

Trippers – Selamat Hari Natal. Seluruh umat Nasrani di seluruh penjuru dunia merayakan Natal setiap 25 Desember. Selain perayaan rohani, Natal juga merupakan momen kumpul keluarga dan liburan.

Tentu saja, setiap keluarga memiliki tradisi liburannya sendiri. Beda negara, beda juga tradisi perayaannya.

1. Marbinda di Sumatera Utara

Foto : www.infobudaya.net

Umat Kristiani di Sumatera Utara merayakan natal dengan menyembelih hewan atau disebut dengan Marbinda. Proses penyembelihan hewan itu dilakukan secara bersama-sama pada hari Natal.

Hewan yang disembelih dibeli menggunakan tabungan bersama yang telah dikumpulkan sejak jauh hari. Setelah disembelih, masyarakat melakukan Marhobas, yakni memotong dan membagikan daging hewan yang sudah disembelih kepada warga.

2. Ngejot dan Penjor di Bali

Foto : www.wowkeren.com

Selama perayaan Natal, gereja-gereja di Bali akan memasang hiasan penjor yang menjadi ciri khas Bali. Penjor dipasang menjulang tinggi dan melekuk ke depan menambah semarak Natal di Bali.

Tak hanya itu, umat Kristiani di Bali juga terus melestarikan budaya Ngejot sebagai perayaan Natal. Mereka akan memasak makanan khas Bali dan membagikannya kepada masyarakat lain sebagai ungkapan rasa syukur.

3. Kunci Taon di Manado

Foto : today.line.me

Umat Kristiani di Manado juga memiliki cara unik dalam merayakan Natal. Sejak memasuk bulan Desember, ibadah Natal sudah mulai dilakukan di gereja-gereja di Manado. Selain itu, masyarakat Manado juga melakukan ziarah ke pemakaman kerabat dan saudara. Saat ziarah tersebut, mereka akan meletakkan lampu hias di atas makam.

Puncak perayaan Natal di Manado akan digelar pada hari Minggu pertama di bulan Januari. Dalam tradisi perayaan yang disebut Kunci Taon ini masyarakat Manado akan melakukan pawai berkeliling kota dengan mengenakan berbagai kostum menarik.

4. Wayang Kulit di Yogyakarta

Foto : seputarkota.com

Perayaan Natal di Yogyakarta terbilang cukup unik dibandingkan dengan daerah lainnya. Saat Misa Natal, Pastor atau Romo di gereja yang berada di Yogyakarta akan memimpin misa dengan menggunakan bahasa Jawa Kromo Inggil.

Tak hanya itu, mereka juga mengenakan pakaian khas Jawa, salah satunya blangkon. Selain Misa Natal yang unik, di beberapa gereja juga menggelar pertunjukkan wayang kulit.

Wayang kulit merupakan kesenian khas dari Yogyakarta. Tema yang diangkat dalam pertunjukan tersebut adalah kelahiran Yesus Kristus.

5. Rabo-rabo di Jakarta

Foto : www.lumikasa.com

Di Ibu Kota Jakarta juga memiliki cara unik dalam merayakan Natal. Meski Jakarta telah menjadi pusat modernisasi, tradisi unik ini masih terus berjalan hingga kini.

Masyarakat di Kampung Tugu, Koja, Jakarta Utara memiliki tradisi Rabo-rabo sebagai bentuk perayaan Natal. Setiap Natal tiba, masyarakat setempat saling berkunjung ke rumah para tetangga sembari bernyanyi dan menari diiringi lagu keroncong tugu.

Rumah yang telah disambangi akan ikut dalam rombongan untuk ikut bernyanyi dan menari menuju ke rumah warga berikutnya.

Tinggalkan Balasan