Uncategorized

Media Sosial Bisa Mempengaruhi Kebiasaan Makan, Kok Bisa?

Trippers.id – Ada banyak macam kebiasaan seseorang ketika makan. Terutama jika kamu melihat kebiasaan makan orang lain di media sosial. Mungkin akan membuat kamu terinspirasi.
Ada bagusnya hal ini dicontoh, terutama jika rajin makan buah dan sayur, lalu menjauhi junk food.

Ternyata, hal itu dibenarkan oleh sebuah studi yang membuktikan bahwa kebiasaan makan seseorang, dapat dipengaruhi oleh media sosial. Menurut para peneliti, seseorang cenderung
mengonsumsi sayur dan buah-buahan dengan porsi lebih, bila rekan atau teman sejawat mereka melakukan hal yang sama di media sosial.

Sayangnya, konsep yang disebut dengan istilah copycat tactics ini tidak hanya menyangkut gaya hidup sehat. Hal tersebut juga berlaku pada kebiasaan makan yang tidak sehat
seperti mengonsumsi junk food.

Maka dari itu, diperlukan strategi khusus untuk mencegah kebiasaan makan tidak sehat, dengan mengurangi konten-konten yang sekiranya dapat memunculkan hasrat untuk
mengonsumsinya. Dalam hal ini, para influencer di media sosial lah yang memiliki andil besar untuk memengaruhi kebiasaan makan followers-nya.

Lebih lanjut Lily menjelaskan, temuan ini juga sangat berguna untuk menghentikan kebiasaan makan tidak sehat pada anak-anak, akibat penggunaan media sosial yang berlebihan.
Studi yang dipublikasilan pada journal Appetite ini juga telah melakukan survey khusus kepada 369 mahasiswa dan mahasiswi.

Survei tersebut dilakukan untuk mengestimasi seberapa banyak buah, sayuran, serta jumlah kalori dan gula yang masuk ke tubuh teman-teman mereka di media sosial setiap hari.
Informasi itu kemudian akan dicocokkan dengan data dari kebiasaan makan mereka sendiri. Hasilnya pun cukup mengejutkan.

Mahasiswa dengan circle pertemanan yang hobi mengonsumsi junk food, cenderung memiliki kebiasaan serupa. Bahkan, porsinya bisa lebih banyak.

Sementara mereka yang memiliki lingkungan pertemanan sehat, justru lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Persepsi ini diklaim muncul setelah melihat foto atau konten
tentang makanan yang diunggah oleh teman-temannya di media sosial.

Yuk mulai hidup sehat Trippers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *