Uncategorized

Jangan! 6 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menghambat Kesuksesanmu

Trippers.id – Semua orang pasti menginginkan kesuksesan, entah sukses dalam asmara ataupun karir. Ada banyak faktor yang membuat seseorang menjadi sukses, salah satunya kebiasaan. Kebiasaan yang baik, akan mengantarkanmu pada pintu kesuksesan.

Sedangkan sebaliknya, kesuksesan tidak akan dapat diraih jika kamu memiliki kebiasaan yang buruk. Dilansir dari Life Hack dan Forge Medium, inilah 8 kebiasaan buruk yang bisa menghambatmu meraih kesuksesan!

1. Selalu berfokus pada sisi yang negatif dan mudah menyerah

Dalam kehidupan, akan selalu ada kejadian yang baik dan buruk. Ada kalanya kamu mendapatkan keberuntungan, kebahagiaan, dan kesuksesan. Namun ada kalanya kamu merasakan yang sebaliknya, seperti kegagalan.

Kegagalan memang membuatmu merasa sedih, sebal atau putus asa. Akan tetapi, kamu tidak boleh terus berlarut-larut pada kegagalanmu.

Jangan terlalu lama mengasihani diri sendiri dan meratapi kegagalan itu karena akan membuatmu enggan untuk bangkit kembali. Justru kamu harus mengambil pelajaran atas kejadian itu supaya bisa segera memperbaikinya. Ini hanyalah hari yang buruk.

2. Tidak memunculkan rasa ingin tahu

Kunci meraih kesuksesan itu adalah harus memiliki keinginan untuk terus maju. Salah satunya adalah dengan banyak belajar dan mencari tahu.

Banyaklah membaca buku ataupun berdiskusi dengan ahli! Ajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya untuk menyerap ilmu dan pengetahuan mereka.

Semakin banyak ilmu yang kamu miliki, lebih banyak peluang untuk meraih kesuksesan. Jika kamu pasrah dengan keadaan dan tak mau tahu, siap-siap saja kamu akan tertinggal oleh zaman.

Kamu pun akan lebih susah untuk mencapai kesuksesan karena tidak memiliki ‘modal’ ini.

3. Menunda-nunda alias prokrastinasi

Buat kamu yang ingin sukses, segera hentikan kebiasaan menunda-nunda. Menunda-nunda atau prokrastinasi hanya akan membuang waktumu yang berharga. Kamu mengganti kegiatan yang lebih penting, dengan kegiatan yang tidak terlalu penting.

Contohnya adalah ketika kamu menunda untuk ikut seminar, kamu malah menggunakan uangmu untuk nongkrong bareng teman-teman. Kamu juga tidak perlu menunggu tahun baru untuk mengubah kebiasaanmu. Lakukan besok atau kalau bisa, lakukan hari ini!

4. Terjebak kemalasan atau kemageran

Semua orang memiliki rasa malas. Kemalasan ini kerap menyerang dan membuat rencana rutin atau kegiatan yang telah dirancang, menjadi gagal untuk dilakukan.

Kasur yang dingin dan nyaman di pagi hari, membuatmu malas beranjak untuk bangun. Keinginan bersosialisasi menjadi pupus, lantaran kamu malas meninggalkan rumah.

Kemalasan semacam ini harus segera ditepis. Apalagi jika hal yang seharusnya kamu lakukan adalah hal yang penting dan bermanfaat. Bangkit dari kemalasan memang susah, namun bukan berarti kamu menyerah begitu saja!

5. Hanya berbicara namun tidak ada tindakan

Kamu mungkin telah berkali-kali menyerukan harapanmu. Kamu juga mungkin telah menuliskan poster berisikan motivasi dan cita-citamu. Akan tetapi, itu semua tidak akan berarti jika tidak dibarengi dengan usaha mewujudkannya.

Orang yang sukses tidak hanya sekedar mengutarakan cita-citanya, namun mengambil langkah untuk membuatnya menjadi nyata.

6. Takut Sebelum memulai

Jika kamu tak bertindak karena takut gagal, ingatlah bahwa penemu terkenal di dunia juga mengalaminya dan butuh waktu beberapa kali untuk meraih kesuksesan. Setiap keputusan atau tindakan yang kamu lakukan, selalu memiliki risiko yang mengiringinya.

Kebiasaan orang sukses adalah mereka mengambil tindakan dengan risiko yang bisa dipikul. Jika kamu tak mencobanya, kamu telah kalah bahkan sebelum ‘berperang’.

Langkah pertama yang mengalami kegagalan itu, sudah dihitung satu langkah mendekati kesuksesan, lho!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *