Uncategorized

Indahnya Pesona 5 Tempat Wisata di Dieng yang Intagramable Bangett !

Haloo Trippers !

Dieng merupakan dataran tinggi yang berada di Jawa Tengah dan menjadi bagian dari pegunungan vulkanik aktif yang ada di Jawa. Daratan yang memiliki ketinggian di atas 2.000 mdpl ini mencakup kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.

Daerah yang tinggi dan lingkungan yang asri membuat kawasan ini sangat dingin. Pada hari-hari biasa, suhu di dataran tinggi Dieng biasanya hanya berkisaran 11 – 18 °C saja. Sedangkan pada musim tertentu suhu bahkan bisa mencapai titik beku 0 °C yang membuat tempat ini terasa semakin dingin.

Sebagai salah satu kewasan wisata yang diandalkan oleh pemerintah Jawa Tengah, Dataran Tinggi Dieng memiliki banyak objek wisata yang dapat dieksplorasi oleh pengunjung mulai dari wisata alam hingga wisata budaya. Di tempat ini pengunjung akan disuguhkan dengan alam hijau dengan masyarakat yang bersikap ramah dan lahan pertanian yang bertingkat-tingkat sepanjang bukit.

Karena lokasinya yang cukup strategis yaitu terletak di tengah Pulau Jawa, maka pengunjung dari berbagai kota besar di Pulau Jawa mudah untuk mengakses tempat ini.

Tidak mengherankan apabila tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menghilangkan penat di akhir pekan. Lebih lengkapnya, yuk kita intip 5 tempat wisata Dieng yang dapat kamu jadikan tempat liburan di hari Minggu.

1. Menikmati Sunset di Bukit Sikunir

Sumber Foto : www.gomuslim.co.id

Pemandangan yang indah merupakan salah satu keunikan yang ditawarkan oleh Bukit Sikunir. Di tempat ini, pengunjung juga akan disuguhkan dengan golden sunrise yang bewarna kemerahan menjelang pagi hari.

Sehingga disarankan untuk berangkat menuju Sikunir ketika subuh hari agar tidak melewatkan moment yang indah ini. Ada banyak tempat di Bukit Sikunir yang dijadikan spot foto dengan latar belakang matahari terbit yang tentunya membuat fotomu menjadi lebih indah.

Untuk mencapai bukit ini maka kamu harus sedikit berjuang karena ditantang untuk menaiki tangga bukit yang cukup tinggi. Udara yang dingin dan tanah berundak-undak akan sedikit melelahkan, akan tetapi pemandangan yang indah ketika berada di puncak akan menghilangkan semua kelelahanmu.

Di bagian bawah bukit, pengunjung bebas untuk merasakan berbagai makanan khas Dieng dan berbagai souvenir yang dijual dengan harga terjangkau.

Keindahan Sunrise Sikunir ini berada di Desa Sembungan yang dikenal sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa. Untuk akses jalan terbilang cukup mudah, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi menuju kaki bukit sebelum akhirnya mendaki bukit.

Hebatnya lagi kamu hanya perlu membayar uang parkir kendaraan ketika ke tempat ini dan tidak perlu membayar uang masuk tempat wisata.

2. Kawah Sikidang

Sumber Foto : wisatadieng.net

Apabila sahabat Trippers mengunjungi Dieng Plateau maka Kawah Sikidang adalah satu tempat yang wajib kamu kunjungi. Letak kawah belerang ini tidak terlalu jauh dari Sikunir, sehingga setelah melihat golden sunrise yang mempesona, tidak ada salahnya kamu melihat kawah panas dengan bau blerang yang menyengat. Apabila kamu tidak tahan dengan aroma belerang, maka disarankan untuk membawa masker ketika berada di Kawah Sikidang.

Kawah Sikidang ini terletak di Desa Dieng Kulon, Banjarnegara. Meskipun begitu, akses yang lebih cepat dan mudah untuk menuju kawah ini adalah jalan dari Wonosobo.

Selain menyaksikan keindahan kawah dengan legenda Pangeran Kidang Garungan ini pengunjung juga dapat melihat berbagai kerajinan tradisional yang dibuat di tempat tersebut.

Untuk biaya masuk terbilang cukup murah yaitu sekitar 10.000 rupiah kamu dapat menikmati kawah indah ini dan sekaligus menjadi tiket untuk masuk ke kawasan Candi Arjuna. Kawah Sikidang dibuka dari pukul 08.00-16.00 WIB setiap harinya.

3. Candi Arjuna

Sumber Foto : www.pegipegi.com

Setelah mengunjungi Kawah Sikidang, maka tidak lengkap rasanya apabila tidak sekalian menjambangi Candi Arjuna yang berada di Dieng Kulon, Banjarnegara ini. Hal ini dikarenakan tiket masuk Candi Arjuna satu paket dengan kawah tersebut sehingga dengan 10.000 rupiah kamu dapat memasuki dua kawasan wisata sekaligus.

Dalam sejarahnya, Candi Arjuna merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno dan dibuat untuk menyembah Dewa Syiwa. Ketinggiannya yang berada lebih dari 2.000 mdpl membuat candi ini tanpak mempesona dengan suasana pegunungan Dieng yang dingin.

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat mengabadikan liburanya dengan kebudayaan yang kental dalam komplek candi yang ditemulakan oleh orang Inggris pada tahun 1814 ini.

Dalam kawasan Candi Arjuna, terdapat lima buah candi yang saling berjajar lurus. Selain itu taman yang berada di sekitar candi pun terlihat bersih sehingga pengunjung dapat bersantai sambil bencengkarama di atas rerumputan.

Uniknya lagi, Dieng Culture Festival yang diadakan setiap tahun akan selalu diadakan di komplek candi terbesar yang ada di Dieng ini.

4. Telaga Warna

Sumber Foto : travel.kompas.com

Salah satu objek wisata andalan yang dapat kamu jumpai ketika mengunjungi Dieng Platue adalah Telaga Warna yang berada di Kejajar, Wonosobo ini. Objek wisata ini akan memanjakan mata pengunjung dengan danau kecil yang memiliki berbagai warna akibat dari belerang yang banyak terdapat di Dataran Tinggi Dieng.

Bagi kamu yang memiliki ketertarikan untuk mengunjungi tempat ini, maka sempatkan waktu untuk berfoto-foto terlebih dahulu karena pemandangan yang ditawarkan sangat berkesan dan mempesona.

Di pinggiran danau disedikan jembatan kecil dari kayu yang dapat digunakan sebagai spot foto yang menarik. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat beberapa goa yang memiliki akar sejarah yang kental bagi masyarakat setempat dan berada di satu komplek dengan Telaga Warna tersebut.

Telaga Warna buka mulai jam 08.00 setiap harinya dan tutup hingga pukul 17.30 WIB, sedangkan untuk tiket masuk, pengunjung dikenakan biaya 10.000 rupiah per orangnya.

5. Gunung Prau

Sumber Foto : pesona.travel

Gunung Paru sesuai dengan namanya memiliki bentuk yang memanjang seperti sebuah perahu dan puncaknya berada pada ketinggian 2.565 mdpl sehingga suhunya akan terasa dingin, terlebih lagi pada malam dan pagi hari.

Berada di puncak Gunung Prau, maka pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Darisana kamu dapat melihat awan-awan putih yang menggelantung di sekitar gunung hingga hijaunya pedesaan yang berada di sekitar lereng Gunung Prau.

Salah satu yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi gunung yang berada di Jawa Tengah ini adalah menikmati Sunset dan Sunrise. Dari puncak gunung, para pendaki dapat menyaksikan langit jingga atau kuning keemasan ketika matahari sedang berada di ufuk. Keindahan pemandangan tersebut akan lebih terasa ketika kamu sedang beruntung cuaca saat itu sedang mendung.

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi keindahan Gunung Prau ini maka di sarankan untuk mendaki pada munsim kemarau. Karena ketika munsim hujan, jalan pendakian terbilang cukup sulit untuk dilalui karena licin.

Untuk melakukan pendakian, kamu dapat melalui jalur yang telah disediakan di Desa Patak Banteng yang berada di kawasan dataran tinggi Dieng. Lamanya perjalanan dapat ditempuh sekitar 2 hingga 3 jam pendakian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *