Uncategorized

Bahaya Hand Sanitizer di Pakai Terlalu Sering!

Trippers.id – Usai diumumkannya bahwa virus Corona atau Covid-19 telah menginfeksi dua orang di Depok, Indonesia, banyak orang memborong hand sanitizer dari pusat-pusat perbelanjaan. Hand sanitizer pun menjadi andalan masyarakat untuk membersihkan tangan saat di perjalanan. Setiap kali ingat, hand sanitizer selalu keluar dan dipakai. Namun, tahukah kamu bahwa terlalu sering mengolesi tangan dengan hand sanitizer juga tidak baik untuk kulit tangan? Disampaikan oleh Ketua Magister Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr dr Dewi Sumaryani Soemarko MS SpOK, terlalu sering memakai hand sanitizer akan membuat kulit tangan kamu kering.

Meskipun di dalam antiseptik atau hand sanitizer terdapat kandungan alkoholnya yang bisa membunuh kuman, bukan berarti 100 persen kuman di tangan itu terbunuh. Sebagian kuman masih akan tetap berada di tangan  setelah menggunakan hand sanitizer, sementara tangan kamu akan bertambah kering setiap kali memakai hand sanitizer. Oleh karena itu disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun setelah memakai hand sanitizer lima kali.

Akan tetapi, jika kamu sudah merasakan kulit tangan kering, segeralah cuci tangan dengan air dan sabun. “( Hand sanitizer atau antiseptik) ada pelarut alkohol. Kulit mudah kering dan kalau keringnya keseringan bisa bikin luka. Makanya harus seimbang,” ujar dia. Oleh sebab itulah, Kamu perlu waspada dan menggunakan antiseptik atau hand sanitizer seperlunya saja. Apalagi bagi orang dengan penyerta diabetes, luka akibat kekeringan pada kulit cukup sulit juga untuk diobati. Selain itu, orang-orang lansia juga perlu diwaspadai untuk tidak terlalu sering menggunakan antiseptik atau hand sanitizer, karena kulit lansia secara alami memang cenderung sudah kering. Nah, Kalau udah gini kamu tetap bisa menggunakan losion pada kulit saat sudah terasa mulai kering.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *