Uncategorized

6 Fakta Menarik dari April Mop

Trippers.id – Beberapa hari yang lalu kita melewati hari yang disebut April Mop, yang jatuh tepatnya pada tanggal 1 April. Sayang, kondisi saat ini tidak memungkinkanmu bercanda yang aneh- aneh karena masalah wabah.

Ketimbang semuanya menjadi paranoid, ada baiknya kamu menunda keisenganmu di tahun ini. Toh sebenarnya kamu juga tidak tahu kan bagaimana April Mop muncul?

Untuk menambah pengetahuan kalian, berikut ini adalah beberapa fakta unik terkait April Mop tersebut. Check this out!

1. April Mop dipercaya muncul pertama kali di Prancis

Para ahli sejarah mempercayai budaya April Mop sebenarnya datang dari Prancis. Di abad 16, tahun baru di sana masih dirayakan pada 1 April, namun itu berubah menjadi 1 Januari karena adopsi kalender Gregorian. Perubahan perayaan tersebutlah yang membuat banyak orang bercanda kepada warga lain yang masih menganggap 1 April sebagai tahun baru.

2. Namun ada catatan yang jauh lebih lama daripada itu

Ada sebuah bahan literasi yang mencatat perayaan April Mop. Namanya adalah Canterbury Tales” (“The Nun’s Priest’s Tale”) yang ditulis oleh Geoffrey Chaucer. Tulisan itu sudah ada sejak 1392.

3. Punya banyak cara perayaan

Di Prancis sendiri, 1 April disebut sebagai Poisson d’Avril. Sedangkan di Skotlandia April Mop dirayakan selama dua hari. Berbeda lagi dengan di Kanada dan inggris. Gurauan April Mop hanya dilakukan pada pagi hari 1 April.

4. Dipanggil juga April Fish

Perlu diketahui saja Poisson d’Avril memiliki arti April Fish. Kalau dalam bahasa Inggris, ini bisa menjadi referensi istilah “There is something fishy in here” atau “Ada sesuatu yang mencurigakan di sini.”

5. Perayaan April Mop pertama dilakukan dengan cara menempelkan kertas di punggung

Di Prancis dulu, anak-anak kecil akan menempelkan kertas ke punggung temannya. Saat anak yang diajak bercanda mengetahui ada kertas di punggungnya, anak-anak lain akan berteriak “Poisson d’Avril!”

6. April Mop dikaitkan dengan simbol kegembiraan

Selain masalah kalender Gregorian, sejarawan juga mengaitkan April Mop dengan festival Hilaria yang dirayakan pada zaman Romawi kuno. Hilaria sendiri memiliki arti gembira yang mana saat festival itu, orang-orang Romawi menyamar dan mengolok-olok orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *