Uncategorized

5 Wisata Eksotis di Payakumbuh

Trippers.id – Sumatera Barat merupakan daerah yang memiliki pesona wisata alam yang indah, meski bukan mengandalkan pantai seperti daerah pesisir lain, Sumatera Barat menyimpan banyak surga-surga tersembunyi di sana, khususnya Payakumbuh.

Mulai dari budaya sampai alam, berikut pesona wisata Payakumbuh dirangkum oleh Trippers.id.

1. Rumah Godang Sungai Baringin

Foto : wartawisata.id

Rumah godang atau rumah gadang merupakan rumah adat khas Orang Minang. Di Sungai Beringin, Payakumbuh, kamu bisa melihat kegagahan rumah gadang.

Hanya dengan membayar Rp. 5000,- untuk dewasa dan Rp. 2000,- saja untuk anak-anak, wisatawan bisa melihat dan belajar tentang kebudayaan Orang Minang. Mulai dari mengenal ruang-ruang apa saja yang ada di rumah godang hingga melihat bentuk pelaminan asli Orang Minang, rumah ini menerima wisatawan mulai dari pukul delapan pagi hingga pukul lima sore.

2. Panorama Ampangan

Foto : www.indonesiakaya.com

Berjarak 6 km dari pusat Kota Payakumbuh, Objek Wisata Ampangan berada di Nagari Aua Kuniang, Payakumbuh Selatan, Ampangan, Payakumbuh, Kota Payakumbuh.

Hanya dengan membayar Rp. 10.000,- wisatawan akan disajikan bentang alam kaki Gunung Sago. Pepohonan yang hijau dan lebat, angin sepoi-sepoi pegunungan, serta rumah-rumah gadang milik warga yang menambah suasana perkampungan yang menyejukkan jiwa.

3. Ngalau Indah

Foto : www.indonesiakaya.com

Seperti gua-gua alami pada umumnya, Ngalau Indah juga memiliki stalagmit dan stalagtit yang terbentuk secara alami dan cantik. Namun uniknya, goa yang berjarak 4 km dari pusat kota ini terhubung dengan goa lainnya sehingga wisatawan akan masuk dan keluar pada mulut goa yang berbeda.

4. Air Terjun Lubuak Bulan

Foto : www.youtube.com

Hidden Paradise dari Payakumbuh ini menjadi primadona wisatawan jika berkunjung ke Sumatera Barat. Sesuai Namanya, lubuak yang berarti kolam dan ditambah dengan nama bulan, air terjun ini memang terlihat seperti jatuh ke arah kolam yang berbentuk seperti bulan sabit.

Tidak memiliki harga tiket masuk air terjun ini berada di Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Payakumbuh.

5. Kapalo Bando Taram

Foto : merahputih.com

Berjarak 12 km dari pusat kota, Kapalo Bando Taram pada awalnya adalah danau irigasi milik warga, namun karena keindahan alamnya yang eksotis. Milenial mulai menyebarluaskan pesona Kapalo Bando Taram.

Dulunya tidak dipungut biaya masuk, kini Kapalo Bando Taram dipatok tarif Rp. 3000,- untuk satu orang yang masuk ke Kapalo Bando Taram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *