Uncategorized

5 Hal yang Membuat Kaum Milenial Susah Menabung, Kamu Juga?

Trippers.id – Gaya hidup millennial yang cenderung konsumtif membuat mereka jadi sering kali menghamburkan uang. Asalkan segala keinginan bisa terpenuhi karena hasil jerih payah diri sendiri, millennial seakan tak bisa mengontrol keuangannya.

Nah, pada akhirnya 5 hal ini bikin mereka jadi susah nabung deh, kamu juga nggak? Jangan terus-terusan begitu ya. Sebenarnya kamu bisa lho menyiasatinya dengan mengetahui kenapa kamu jadi susah nabung,

yuk cek dari 5 kejadian ini!

1. Gampang Tergoda dengan Promo dan Diskon ‘awal bulan’

Belanja, belanja, dan belanja. Hal ini lekat banget kan sama para millennial di awal bulan. Memang sih promo dan diskon di awal bulan lagi banyak-banyaknya. Dari promo sampai diskon bertebaran di mana-mana. Tapi, kamu perlu banget mengontrol semua keinginan dari godaan itu guys. Pasti bisa deh buat membatasi diri dengan punya anggaran untuk memenuhi kebutuhan belanjamu. Jangan sampai boros lagi ya!

2. Hobi Traveling Juga bisa Menguras Dompet

Traveling memang wajib ada di daftar rencanamu dalam setahun. Ya! kamu butuh banget jalan-jalan buat menjaga psikologismu biar nggak stres terus karena kerjaan kan. Minimal tiga bulan sekali kamu bisa rencanakan traveling buat kembali menyegarkan pikiranmu. Tapi nih guys, buat kamu yang hobi traveling, sering kali traveling jadi penguras isi rekeningmu juga lho. Nah, dari hal ini kamu bisa pintar-pintar mencari promo dan diskon kalau mau traveling ke luar kota. Oh iya, jalan-jalan ataupun staycation di dalam kota juga bisa menjadi alternatif buat lebih berhemat lho.

3. Nggak Mau Ketinggalan Tren yang Kekinian

Hari-hari millennial memang selalu diwarnai tren kekinian. Tiap minggu ada saja hal yang baru di kalangan mereka. Mau nggak mau kamu mengikutinya supaya bisa tetap eksis kan? Tapi, kamu perlu tahu juga bahwa hal itu bisa bikin uangmu ludes lho. Buat menyiasatinya, kamu bisa memilih tren yang memang kamu banget. Kan nggak semua tren harus kamu ikuti juga. Nah, hal ini bisa buatmu lebih berhemat dan menyisihkan uangmu untuk menabung guys.

4. Semakin Mudahnya Metode Pembayaran

Di zaman yang serba modern ini nih, segala kemudahan saat bertransaksi mau nggak mau membuat kita lebih konsumtif lho. Bagaimana nggak mudah, kalau kepengen apa-apa tinggal pesan dan bayar via transfer, salah satunya melalui aplikasi e-wallet. Sedikit-sedikit kamu jadi mengeluarkan uang dari rekeningmu. Lama-lama dan kadang tanpa disadari, pengeluaranmu jadi membengkak deh. Tapi tenang, kamu bisa kok mengatasi hal itu. Cara sederhananya kamu tinggal tentukan pengeluaran mingguan atau per bulan. Misalnya memisahkan berupa kebutuhan rumah dan keinginan pribadi. Gampang banget ‘kan?

5. Lebih Mementingkan Keinginan dari pada Kebutuhan

Keinginan kita memang gak ada habisnya. Kadang hal itu bisa mencuat karena melihat ‘rumput tetangga yang lebih hijau’. Biar kamu nggak capek di keadaan ini, kamu perlu tahu apa yang menjadi kebutuhanmu dan apa keinginanmu. Penuhi dulu dong kebutuhanmu ketimbang memenuhi keinginanmu. Jika semua kebutuhan terpenuhi, baru kamu bisa mengapresiasi dirimu dengan mewujudkan keinginanmu.

Pada intinya, kamu sebenarnya bisa kok untuk menabung, tinggal tergantung niat dan usaha dari kamu sendiri. Menabung itu banyak manfaatnya, jadi mulai biasakan menabung ya dari sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *