LatestTRIPWORLD

5 Tempat Wisata di Kota Sarajevo yang Memukau

Trippers – Sarajevo merupakan ibu kota Bosnia dan Herzegovina. Di kota tua ini banyak terjadi peristiwa bersejarah. Beberapa di antaranya adalah perang saudara yang terjadi pada awal tahun 1990 dan pembunuhan Archduke Franz Ferdinand yang memicu terjadinya peristiwa Perang Dunia I.

Meskipun memiliki sejarah yang kelam, kini Sarajevo telah menjelma menjadi destinasi wisata yang banyak diminati oleh tidak hanya wisatawan lokal saja tapi juga wisatawan mancanegara.

Nah, berikut terdapat rekomendasi tempat wisata di kota Sarajevo yang sayang untuk dilewatkan. Simak ya!

1. Latin Bridge

Foto : www.viator.com

Latin Bridge merupakan jembatan Utsmaniyah tertua yang dibangun sejak pertengahan abad ke-16. Peristiwa terkenal pembunuhan Archduke Franz Ferdinand yang memicu pecahnya Perang Dunia I terjadi di sini. Sebuah plakat diletakkan di ujung utara jembatan untuk menandai peristiwa tersebut.

2. Gazi Husrev-beg Mosque

Foto : kasadoo.com

Gazi Husrev-beg Mosque merupakan masjid terbesar di negara Bosnia dan Herzegovina yang dibangun pada tahun 1532. Bangunannya memiliki gaya arsitektur Ottoman yang terkenal.

Pintu masuk masjid didekorasi dengan desain Islami yang rumit. Jika dilihat dari kubahnya, Gazi Husrev-beg Mosque termasuk masjid Utsmaniyah. Sementara itu di halaman depan masjid juga dibangun air mancur.

3. Kovači Memorial Cemetery

Foto : www.wbur.org

Kovači Memorial Cemetery yang dikenal juga sebagai Makam Martir merupakan pemakaman khusus untuk orang-orang Bosniak yang hilang selama terjadinya peperangan. Selain itu, presiden pertama Bosnia yang bernama Alija Izetbegović juga dimakamkan di sini.

Tidak jauh dari Kovači Memorial Cemetery terdapat sebuah bukit yang menghadap ke pemakaman. Ini merupakan tempat terindah untuk menyaksikan matahari terbenam.

4. Jewish Museum

Foto : www.archdaily.com

Salah satu museum terkenal di Sarajevo adalah Jewish Museum. Ini merupakan museum Yahudi yang bertempat di sebuah sinagoga yang dibangun pada abad ke-16. Seluruh koleksi museum menampilkan berbagai pameran sejarah yang tentunya berkaitan dengan komunitas Yahudi di kota Sarajevo.

5. Sarajevo Tunnel Museum

Foto : www.tripadvisor.co.id

Sebelum menjadi museum, dulu saat terjadi perang saudara, Sarajevo Tunnel digunakan sebagai jalur penyelamat untuk memperoleh makanan, bantuan, senjata dan sumber daya. Ini dibangun oleh tentara Bosnia pada Mei 1992.

Dan kini setelah menjadi museum, pengunjung diperbolehkan memasuki sebagian kecil terowongan untuk napak tilas peristiwa sejarah kala itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *