LatestTRIPSPOT

5 Spot Wisata Wajib di Samarinda

Samarinda sebagai ibu kota dari Provinsi Kalimantan Timur memiliki sejumlah destinasi wisata yang cukup unik untuk dikunjungi. Banyak tempat serta parade budaya yang sering diadakan di Kota Samrinda. Banyak sekali tempat wisata di Samarinda yang perlu kamu lihat ketika berada di Kota ini.

Tempat Wisata di Samarinda Serta Budaya Setempat

Menurut wikipedia, Samarinda mempunyai kurang lebih 27 sungai. Namun hanya beberapa sungai saja yang di jadikan tempat wisata. Salah satunya adalah sungai mahakam.

Buat kamu yang suka berwisata ke sungai, alangkah lebih baiknya datang ke Tempat Wisata di Banjarmasin. Disana banyak sungai yang di sulap menjadi objek wisata.

Selain itu, di Samarinda juga terdapat wisata alam, wisata budaya hingga wisata religi. Penasaran? Langsung saja simak daftar tempat wisata di samarinda yang sedang hits di bawah.

1. Tepian Sungai Mahakam

Taman Tepian Mahakam Samarinda
Credit : Kawi Boedisetio / Wisata IDN

Sungai Mahakam adalah salah satu sungai terbesar yang ada di Indonesia. Sungai ini mengalir di beberapa kota besar di Pulau Kalimantan. Sungai Ini juga bisa menjadi pilihan kamu sebagai objek di Samarinda untuk menghabiskan liburan.

Waktu paling pas untuk berkunjung adalah saat malam hari, kamu bisa melihat keindahan Kota Samarinda dari tepian sungai dengan menikmati jagung bakar yang dijual di sekitar Sungai Mahakam.

Lokasinya berada di Jl. Gajah Mada, Bugis, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75242.

2. Air Terjun Pinang Seribu

Tempat Wisata Air Terjun Pinang Seribu Samarinda
Credit : Syahrudi / Wisata IDN

Tempat wisata di Samarinda yang kedua adalah Air Terjun Pinang Seribu. Air terjun ini merupakan destinasi wisata yang aman dan cukup unik. Bentuknya yang berundak, membuat kamu bisa menjelajahi air terjun ini hingga ke puncaknya.

Air terjun ini seperti air terjun yang ada di Tempat Wisata Tabanan. Jika kamu ingin berkunjung ke air terjun tersebut, sebaiknya datang pada musim panas, sebab airnya terbilang stabil dan tidak berbahaya.

3. Pulau Beras Basah

Objek Wisata Pulau Beras Basah Samarinda
Credit : Liston Simanjuntak / Wisata IDN

Tempat wisata di Samarinda selanjutnya adalah Pulau Beras Basah. Destinasi wisata ini seperti Tempat Wisata di Singkawang, yang memiliki pemandangan serupa. Pulau ini menawarkan berbagai keindahan alam yang tidak ditampilkan oleh tempat lain.

Sebenarnya pulau ini tidak terletak di daerah Samarinda, letak dari pulau ini berada di selat Makasar yang dekat dengan Kota Bontang. Di tempat ini juga menghadirkan pasir putih yang mengelilingi pulau tersebut.

4. Desa Budaya Pampang

Wisata Budaya Pampang
Credit : Meta Indriyani / Wisata IDN

Wisata Budaya Pampang adalah kampung budaya bagi masyarakat Suku Dayak Kenyah. Di tempat tersebut, Suku Dayak masih memegang teguh adat dari para leluhurnya.

Desa ini di penuhi dengan berbagai tempat, seperti rumah, serta budaya yang menujukan adat asli Suku Dayak Kenyah. Selain itu, tempat ini juga menjadi tempat wisata terkenal di Samarinda yang sering disinggahi oleh para wisatawan lokal atau asing.

Lokasinya berada di Jl. Wisata Budaya Pampang, No.32, RT.03, Kelurahan Budaya Pampang, Kec Samarinda Utara, Arah Samarinda-Bontang, 5 KM dari jalan raya, Sebelum Bandara APT.Pranoto, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

5. Kampung Tenun

Kampung Tenun Cagar Budaya Kalimantan Timur
Credit : Kawi Boedisetio / Wisata IDN

Kampung tenun ini seperti Tempat Wisata di Gianyar yaitu Pasar Sukowati, yang menghadirkan kerajinan khas dari daerah tersebut. Objek wisata di Samarinda ini menyediakan kerajinan tenun sebagai oleh-oleh yang bisa dibawa pulang oleh para wisatawan.

Di tempat tersebut, tersedia berbagai kerajinan tenun dengan bentuk yang bermacam-macam seperti sarung dan berbagai kerajinan kain yang bermotif khas Samarinda.

Lokasinya berada di Gg. Pertenunan Jl. Hos Cokro Aminoto, Rapak Dalam, Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75133.

Nah, masih banyak sekali loh tempat wisata di samarinda yang belum admin masukan ke dalam list. Namun 5 tempat di atas sudah cukup untuk kamu berkeliling kota samarinda seharian. Jika belum puas, kamu juga bisa ke Kota tetangga, Balikpapan. Selamat berlibur….

——————————————-

Sumber : Rivan | www.wisataidn.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *