LatestTRIPSPOT

5 Danau Tak Terlupakan di Indonesia

Trippers.id – Hai, sobat Trippers…. Sekarang kita bahas lima danau yang eksotis di Indonesia. Membicarakan tentang keindahan pemandangan alam Indonesia memang tak akan pernah ada habisnya. Indonesia memiliki beragam keindahan alam yang tersebar di berbagai hal seperti pantai, gunung, hutan dan juga danau. Mungkin tempat-tempat seperti pantai dan gunung sudah terlalu sering dibahas.

Oleh sebab itu, kali ini kita akan mengeksplorasi mengenai danau yang jarang dibahas, tapi pemandangannya tak terlupakan banget di Indonesia.

1. Danau Singkarak

danau terindah di indonesia
image kredit : @ ariefadhilla

Danau terindah di Indonesia yang ada di Sumatera Barat ini adalah Danau Singkarak. Danau ini berada di Solok, Sumatera Barat. Ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan disini. Seperti berenang, memancing atau bisa juga naik sampan untuk mengelilingi danau. Jika kamu kebetulan berkunjung ke Sumatera Barat khususnya Solok maka bisa mengunjungi Danau Singkarak ini.

2. Danau Ranu Kumbolo – Jawa Timur

danau terindah di Indonesia
image kredit : @ dolansemeru

Jawa Timur juga memiliki danau terindah di Indonesia yang disebut dengan Danau Ranu Kumbolo. Danau yang satu ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Untuk bisa mencapai danau memang membutuhkan kesabaran dan tenaga ekstra.

Kamu harus melalui jalur pendakian yang cukup melelahkan. Di sepanjang jalan menuju danau, anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah berupa pohon pinus dan cemara. Sesampainya disana, anda akan disuguhi dengan pemandangan danau yang menakjubkan. Menurut pengalaman banyak orang, Danau Ranu Kumbolo merupakan lokasi terbaik untuk menyaksikan sunrise dan juga hamparan bintang di malam hari.

3. Danau labuan Cermin – Kalimantan Timur

image credit :@ angkah_kaki

Beralih ke pulau Kalimantan yaitu Kalimantan Timur juga memiliki danau terindah di Indonesia. Danau tersebut disebut dengan Danau Labuan Cermin. Disebut begitu karena air danau sangat jernih. Karena terlalu jernih, anda bahkan bisa melihat dengan jelas apa yang ada di dalam danau tersebut. Apalagi kedalaman danau hanya sekitar 3 meter saja.

Keunikan dari danau yang satu ini adalah dimana airnya terdiri dari 2 jenis yaitu air asin pada permukaan danau serta air tawar di dasar danau. Danau ini juga menjadi tempat terbaik untuk berenang maupun snorkeling.

4. Danau Poso – Sulawesi Tengah

danau poso
image credit @zobaposo

Untuk danau terindah di Indonesia berikutnya terdapat di Sulawesi, tepatnya di Poso, Sulawesi Tengah. Kedalaman danau ini mencapai kurang lebih 195 meter serta bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan untuk melakukan aktivitas seperti memancing ikan. Bahkan rata – rata penduduk disekitar ini memang melakukan berbagai aktivitas seperti menjala dan membudidayakan ikan.

Keindahan dari danau ini terletak pada area sekitar danau yang dikelilingi oleh hamparan pasir putih. Sehingga sekilas danau akan terlihat seperti pantai berpasir putih. Danau Poso ini juga berdekatan dengan kawasan konservasi bunga Anggrek yang paling besar di Indonesia. Dan siapa sangka juga bahwa danau ini merupakan danau yang indah didunia.

5 . Danau Sentani – Papua

danau indah di indonesia

Jika selama ini kamu berpikir Papua hanya indah dan terkenal berkata adanya Raja Ampat saja, maka mulai sekarang kamu harus segera menghilangkan anggapan tersebut karena ternyata Papua juga memiliki beberapa tempat indah lainnya yaitu berupa danau.

Danau terindah di Indonesia di Papua yaitu Danau Sentani. Danau ini berada diatas ketinggian 75 meter diatas permukaan laut. Lokasi danau ini berada kurang lebih 50 meter dari kota Jayapura. Di Kawasan danau ini juga terdapat kurang lebih 22 pulau yang mana masing – masing pulau tersebut didiami oleh masyarakat asli yaitu Suku Sentani.

Jika kamu berniat untuk mengunjungi danau ini, maka disarankan datang saat pertengahan tahun saja karena pada saat inilah biasa dilaksanakan Festival Sentani. Sehingga tak hanya keindahan alam dan biota laut saja yang bisa kamu saksikan, namun juga berbagai pertunjukan kebudayaan khas.

* * * * *

Keindahan danau-danau di atas memang tidak bisa dibantah lagi. Pemandangan alam yang asri serta udara yang sejuk menjadi alasan mengapa banyak wisatawan yang begitu menyukai semua danau itu. Apalagi di sekitar danau juga sudah mulai banyak penginapan yang disewakan sehingga makin mempermudah kebutuhan wisatawan yang berkunjung. Oke Trippers, yuk langsung packing…. kita berangkat!

(Wan/Trippers)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *