LatestTRIPTIPS

5 Tips Bepergian dengan Transportasi Umum Saat New Normal

Trippers – Masyarakat Indonesia kini tengah dihadapkan dalam tatanan kehidupan new normal guna memajukan kembali kondisi ekonomi yang ada. Dengan begitu, masyarakat pun harus terbiasa untuk hidup dengan protokol kesehatan yang diatur oleh pemerintah agar penyebaran COVID-19 tidak semakin meluas.

Hal ini juga berlaku ketika kamu pergi ke luar rumah menggunakan transportasi umum. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap aman ketika naik transportasi umum saat new normal.

1. Selalu menggunakan masker dan menjaga jarak

Memakai masker merupakan salah satu hal wajib yang patut kamu lakukan ketika keluar rumah bahkan saat menggunakan transportasi umum. Sebab, ini adalah upaya terbaik dan paling sederhana guna mencegah terkena paparan virus COVID-19. Selain itu, kamu juga perlu mematuhi aturan physical distancing dengan tidak berdesakan dan menjaga jarak.

2. Kurangi menyentuh fasilitas yang ada

Seperti kita ketahui, virus Corona bisa saja menular melalui barang-barang di sekitar kita melalui sentuhan dari berbagai macam orang. Untuk itu, agar tetap merasa aman sebaiknya hindari untuk menyentuh fasilitas yang ada.

3. Biasakan untuk tidak berbicara selama di dalam transportasi publik

Selain melalui barang dan sentuhan, virus Corona juga dapat menular melalui percikan air liur atau droplet. Maka dari itu, kurangi berbicara atau bahkan lebih baik tidak berbicara ke sesama pengguna transportasi umum yang ada atau berbicara melalui telepon.

4. Pilih kursi belakang ketika menggunakan taksi

Ketika menggunakan taksi mungkin kamu akan merasa lebih aman karena tempatnya yang tertutup dan tidak terdapat banyak orang. Akan tetapi, ada sebuah peraturan di mana penumpang di dalam mobil juga harus mematuhi aturan physical distancing. Caranya, pilihlah tempat duduk di belakang sopir bukan di sebelahnya.

5. Usahakan untuk membawa helm sendiri jika menggunakan ojek online

Saat ini ojek online sudah menjadi salah satu pilihan transportasi umum yang amat disukai. Nah, jika kamu ingin menggunakan moda transportasi ini, usahakan untuk membawa helm sendiri. Ini bertujuan untuk memastikan keamanan diri agar benar-benar terhindar dari paparan virus COVID-19.

Itu dia beberapa tips agar tetap aman dan terhindar dari COVID-19 bagi kamu yang ingin menggunakan transportasi umum untuk bepergian saat new normal. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *