6 Tips Tingkatkan Konsentasi di Tempat Kerja
Trippers.id – Ketika tugas dan pekerjaan menumpuk, seringkali rasa gelisah muncul dan pada akhirnya kita kesulitan menyelesaikan tugas yang ada. Jika itu terjadi padamu, mungkin kamu kurang konsentrasi. Kesulitan berkonsentrasi dapat meningkatkan stres dan iritasi yang membuat fokus menjadi lebih sulit.
Kurangnya konsentrasi dapat disebabkan oleh berbagai alasan. Umur dan siklus tidur adalah faktor utama yang memengaruhi rentang konsentrasi seseorang. Banyaknya informasi yang diproses pikiran kita, terutama melalui media sosial, juga membuat otak lebih sulit untuk berkonsentrasi selama lebih dari beberapa menit. Namun, konsentrasi bisa ditingkatkan dengan melatih otak kita sama seperti melatih otot-otot tubuh. Bagaimana caranya?
1. Melatih Otak
Permainan melatih otak seperti sudoku atau teka teki silang bisa membantu membangun ingatan jangka pendek, kemampuan menyelesaikan masalah, dan skill memproses. Latihan lewat permainan itu bisa dilakukan selama 15 menit dan sudah cukup untuk menjaga konsentrasi dalam durasi yang lama. Ketika merasa otakmu lelah, meluangkan waktu sejenak untuk senam otak dengan permainan tersebut bisa menjadi opsi. Selain sudoku dan teka teki silang, kamu juga bisa bermain permainan kata atau angka dan puzzle. Baca juga: Selain Teka-teki Silang, Ini Cara Terbaik Menjaga Kesehatan Otak
2. Memberi “bahan bakar” Otak
Makan yang baik juga bisa memengaruhi kesehatan otak. Melewatkan sarapan bukanlah ide bagus jika kamu ingin produktif di tempat kerja. Namun, usahakan mengonsumsi makanan seimbang di waktu sarapan untuk mencegah adrenalin dan membuatmu stres di tempat kerja. Jangan lupa menyediakan sebotol air di meja kerja karena dehidrasi juga bisa berdampak pada konsentrasi.
3. Istirahat
Beristirahatlah jika kamu merasa sudah bekerja dalam durasi yang terlalu lama. Jeda sejenak bisa meningkatkan konsentrasi dan membantumu mampu menyelesaikan tugas kembali. Kamu bisa menggunakan waktu jeda tersebut dengan jalan kaki dan menghabiskan waktu di alam terbuka untuk menjernihkan pikiran. Disarankan pula untuk menjauhi gawai sejenak karena berpotensi menambah stres.
4. Terorganisir
Sebelum mulai bekerja, luangkanlah waktu untuk merencanakan harimu setidaknya selama 15 menit. Tulislah hal-hal yang perlu diselesaikan dan merencanakan waktunya akan membantu performamu lebih baik. Selain itu, merencanakan hari juga bisa membantumu memprioritaskan pekerjaan sesuai waktu dan kemampuanmu hari itu. Letakkan pekerjaan yang palin berat di saat-saat konsentrasimu sedang memuncak.
5. Sesuaikan dengan Ritme
Merencanakan hari kerja sesuai dengan ritme sirkadian tubuh akan membantumu memanfaatkan kemampuan otak dengan lebih baik. Kita berada di puncak kewaspadaan kita di pagi hari dan terus berkurang sepanjang hari. Waktu reaksi adalah terbaik adalah di sore hari.
Karena itu, merencanakan hari kerja dan memprioritaskan pekerjaan sesuai dengan ritme tubuh membantu kita memaksimalkan hari.
6. Satu Tugas dalam Satu Waktu
Otak hanya mampu memberikan sebagian perhatiannya pada banyak tugas yang kamu lakukan pada saat bersamaan. Pada akhirnya, kamu akan membuat lebih banyak kesalahan dan menyelesaikan lebih sedikit pekerjaan. Oleh karena itu, cobalah berkonsentrasi pada satu tugas pada satu waktu dan istirahat sejenak sebelum mengerjakan tugas berikutnya untuk hasil terbaik.