LatestTRIPTIPS

5 Tips Aman Traveling dengan Sepeda

Trippers – Bersepeda atau gowes menjadi salah satu aktivitas primadona traveler sejak melancong dibatasi pada pandemi virus Corona. Berikut tips untuk pegowes agar tetap aman.

Traveler harus memendam hasrat melancong saat pandemi virus Corona untuk turut berperan aktif memutus rantai penularan COVID-19. Untuk menjaga kebugaran, traveler dianjurkan tetap berolahraga.

Nah, olahraga yang belakangan kembali menjadi tren adalah bersepeda. Selain itu, sepeda menjadi salah satu solusi setelah operasional transportasi umum dibatasi.

Agar bersepeda tetap aman bagi traveler di masa pandemi virus Corona maka traveler juga wajib mematuhi sejumlah imbauan umum untuk meminimalkan penularan COVID-19. Di antaranya dilarang berkerumun dan menjaga kebersihan.

Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan saat traveling dengan sepeda agar tetap aman.

1. Pastikan tubuh benar-benar fit

Foto : www.fimela.com

Pastikan tubuh benar-benar dalam kondisi yang sehat dan fit. Jangan memaksa jika tubuh terasa lemas atau bahkan sakit. Bersepeda jarak menengah hingga jauh membutuhkan tenaga yang cukup banyak, sehingga kamu harus benar-benar dalam keadaan bugar.

2. Gunakan jenis sepeda yang tepat

Foto : jadiberita.com

Jenis sepeda cukup banyak dengan fungsi yang berbeda-beda. Jika kamu ingin traveling atau touring menggunakan sepeda, kamu bisa memilih sepeda touring, roadbike, atau gravel.

Ada pula beberapa varian sepeda lipat yang bisa atau nyaman digunakan untuk jarak jauh. Pastikan semua komponen sepeda dalam kondisi baik, terawat, dan siap untuk diajak perjalanan jauh.

Komponen-komponen penting yang wajib kamu cek antara lain roda, rem, rantai, dan pengatur gigi. Jangan lupa selalu mengenakan helm sepeda sesuai standar.

Kamu juga bisa membawa peralatan tambahan, seperti pompa ban mini, ban dalam cadangan, GPS, atau lampu cadangan.

3. Selalu terapkan 3M

Foto : jadiberita.com

Sangat penting menerapkan 3M, yakni memakai masker dengan benar, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara berkala, serta menjaga jarak minimal 1,5 meter.

Protokol kesehatan 3M ampuh untuk memutus rantai penularan virus corona. Jika napas terasa sesak atau terengah-engah saat bersepeda, kamu boleh melepas masker sejenak. Yang penting jauhi kerumunan ya!

4. Pergi sendirian atau bersama kelompok kecil

Foto : bandungkita.id

Hindari bersepeda dengan terlalu banyak orang atau kelompok besar. Sangat disarankan bersepeda dengan kelompok kecil, maksimal lima orang. Kelompok yang lebih kecil memudahkan koordinasi sepanjang perjalanan dan tentunya meminimalisir penyebaran virus corona.

Kalau pun mau sendirian, juga gak masalah, lho. Yang penting kamu sudah memahami rute, menyiapkan stamina yang bagus, serta perbekalan yang memadai.

5. Cari informasi soal rute dan destinasimu

Foto : www.superadventure.co.id

Pastikan tempat tersebut bisa dijangkau dengan mudah menggunakan sepeda, beserta keamanan parkirnya.

Kamu juga bisa mencari informasi mengenai rute perjalananmu. Di masa pandemik seperti ini, kamu bisa memilih rute yang tidak terlalu berat dan tidak terlalu jauh.

Apalagi jika kamu bukan seorang atlet. Hindari rute-rute yang terlalu sepi, karena berisiko tindak kejahatan. Hindari pula rute atau tempat wisata yang masih berada di zona merah COVID-19.

 

Baca Juga : 5 Tips Liburan Irit Ala Backpacker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *