LatestTRIPTIPS

5 Hal Penting saat ke Raja Ampat

Trippers.id – Liburan ke Raja Ampat yang diklaim mahal seringkali menyurutkan niat banyak orang untuk mengunjungi tempat tersebut. Informasi ini ada benarnya, karena penerbangan ke daerah Indonesia bagian timur memang terkenal relatif mahal.

Namun hal tersebut sebenarnya masih bisa diakali dengan berbagai trik, sehingga kamu bisa tetap liburan ke Raja Ampat meskipun memiliki budget yang minim.

Ingin tahu apa saja tips & triknya? Simak beberapa tips untuk bisa liburan dengan murah ke Raja Ampat berikut ini.

Table of Contents

Cara Murah Ke Raja Ampat dan Detail Perjalanannya

Kepopuleran Raja Ampat menjadikannya salah satu tujuan liburan impian traveler, baik dari Indonesia hingga mancanegara. Meski terbilang relatif mahal dan agak sulit mencapai lokasi, namun justru di situ letak tantangannya.

Agar destinasi ini bukan lagi sekedar impian, kamu bisa ikuti cara-cara di bawah ini supaya liburan kamu tetap bisa berkesan tanpa harus membuat kantong jebol.

Pulau Wayag

Pulau Wayag

1. Cara Ke Raja Ampat Murah, Dengan Tiket Pesawat Promo

Untuk penerbangan murah ke Raja Ampat, khususnya dari Jakarta ke Sorong, luangkan waktu mencari tiket promo jauh-jauh hari. Kalau bisa, hindari musim liburan, karena harga tiket pesawat pastinya sedang melambung tinggi.
Bandingkan juga penerbangan transit dengan maskapai berbeda, karena biasanya total harga tiket pesawat bisa lebih murah dibandingkan penerbangan langsung.

Kamu dapat menggunakan Meta Search Engine (situs pencarian produk dengan perbandingan harga dari berbagai kanal distribusi) tiket pesawat seperti Skyscanner.

Kamu bisa mengawasi pergerakan harga tiket dan langsung membelinya ketika harganya sedang murah. Usahakan untuk mengambil penerbangan malam, agar bisa tiba di Sorong maksimal pada pagi hari. Hal ini agar nantinya kamu bisa mengejar jadwal keberangkatan kapal cepat jam 14.00 waktu setempat. Setelah sampai bandara, bagi solo backpacker atau traveler, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan warna kuning atau ojek menuju ke Pelabuhan Sorong. Namun bila datang berkelompok, kamu bisa menyewa mobil dengan harga sekitar 100.000-200.000 Rupiah.

2. Kapal Laut

Bagi kamu yang mempunyai banyak waktu lapang, salah satu cara pergi ke Raja Ampat yang cukup ramah di dompet adalah menggunakan kapal laut dengan tujuan Raja Ampat. Untuk keberangkatan dari Jakarta, ada kapal Pelni yang melayani jalur pelayaran Tanjung Priok – Sorong, dengan lama perjalanan 5-7 hari.

Kamu bisa mengecek harga tiket kapal laut ke Sorong terbaru di website Pelni. Rute ini akan melewati Tanjung Perak (Surabaya), Makassar, Bau Bau, dan Sorong.

3. Jalur Transportasi

Sesampainya di pelabuhan Sorong, pintu gerbang Raja Ampat, kamu bisa gunakan perahu cepat menuju Waisai, Pulau Waigeo, ibu kota Raja Ampat. Perahu ini berangkat pukul 14.00 waktu setempat dengan lama perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam. Setelah sampai di Waisai, kamu bisa menyewa mobil menuju penginapan.

4. Penginapan Murah

Raja Ampat sendiri memiliki berbagai jenis penginapan, seperti homestay atau resort mewah. Homestay jelas memiliki harga penginapan yang ekonomis, kamu bisa bertanya pada masyarakat sekitar untuk rekomendasi berbagai penginapan murah, aman dan nyaman. Untuk kamu yang menyukai suasana tenang, kamu bisa memilih homestay di pulau kecil.

Beberapa rekomendasi penginapan murah namun nyaman di Raja Ampat adalah Bau Homestay, Wapnansan Homestay, atau Manyaifun Homestay dengan harga 400 ribu-an per malam dan sudah termasuk 3 kali makan! Ada juga homestay meos samboer Raja Ampat, tarifnya sekitar 200 ribu-an per malam. Agar lebih hemat, kamu bisa berbagi kamar dengan teman.

Namun, tetap ingat pastikan lokasi penginapan tidak jauh dari destinasi wisata yang ingin kamu tuju, ya!

5. Aktivitas Seru di Satu Pulau

Di sebuah pulau bernama Pulau Waigeo, kamu dapat menemukan banyak keuntungan, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru tanpa sewa kapal lagi. Pastinya, hal ini akan membuat liburanmu lebih ekonomis, bukan?

a. Diving Dan Snorkeling

Liburan ke Raja Ampat tak lengkap tanpa menyelam (diving) ataupun snorkeling. Pulau ini terkenal tidak hanya karena keindahan daratnya, tapi perairan yang jernih, juga suasana bawah laut dengan panorama terumbu karangnya.

Kamu bisa berenang bersama ikan warna-warni, kemudian menyelam dan menikmati keindahan alam bawah laut. Jika beruntung, kamu bahkan bisa berenang bersama ribuan ikan besar, termasuk hiu!

b. Hiu Sirip Putih Dan Hiu Sirip Hitam

Jangan takut jika bertemu hiu ketika berenang di sekitar pulau ini, karena mereka tidak akan mengganggu kecuali terpancing aroma darah.
Ada dua jenis hiu di perairan ini, yaitu hiu sirip putih atau white tip reef shark dan hiu sirip hitam atau black tip reef shark. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktu sepanjang hari hanya untuk menunggu kedatangan hiu-hiu tersebut.

————————————————

Sumber : indonesiajuara.asia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *