LatestTRIPFOOD

5 Makanan yang Akan Menjaga Gigimu Tetap Sehat

Trippers – Punya gigi sehat jadi salah satu modal utama untuk tampil percaya diri. Tenang, untuk memiliki gigi sehat itu enggak susah kok! Selain rajin mengunjungi dokter, kamu juga harus rajin menyikat gigi. Selain dua hal tersebut, apa yang kita konsumsi juga ternyata sangat berpengaruh pada gigi kita.

Seperti yang kita tahu, makanan manis akan menyebabkan gigi berlubang. Tapi, tidak semua makanan berakibat buruk pada gigi lho! Beberapa makanan tertentu justru sangat dibutuhkan untuk menjaga agar gigi tetap sehat. Makanan apa saja?

1. Keju

Foto : doktersehat.com

Keju kaya akan kalsium yang baik bagi tulang dan gigi. Dengan memenuhi kebutuhan kalsium tubuh, kita akan terhindar dari risiko gigi sensitif. Ini karena mengunyah keju, akan memperkuat enamel atau pelindung syaraf gigi. Jadi kapan pun kamu mengonsumsi minuman panas dan dingin, gigi kamu tidak akan sakit.

Manfaat lain, mengunyah keju dapat meningkatkan pH di mulut, dan membuat gigimu terhindar dari kerusakan.

2. Sayuran Hijau

Foto : food.detik.com

Sayuran hijau memang sehat untuk tubuh, termasuk gigi kita. Sama seperti keju, sayuran hijau seperti bayam juga mengandung kalsium. Nutrisi lainnya, sayuran hijau juga sarat akan serat yang dapat membantu menghasilkan air liur yang berguna untuk membersihkan gigi dan mulut dari sisa makanan.

Tanpa air liur, sisa makanan akan menempel dalam waktu lama di sela-sela gigi, mengakibatkan banyak masalah seperti gigi berlubang, karang gigi, dan bau mulut.

3. Wortel

Foto : blog.regopantes.com

Mengonsumsi wortel mentah ternyata dapat menjaga gigi kamu dari kerusakan. Ini karena wortel mentah memiliki tekstur yang renyah dapat meningkatkan air liur dan mencegah sisa makanan berubah jadi karang gigi. Terakhir, wortel juga mengandung vitamin A yang juga bermanfaat bagi gigi. Oh ya, sebelum dimakan, jangan lupa dicuci dulu wortelnya ya!

4. Teh Hijau

Foto : www.idntimes.com

Teh hijau dan teh hitam bukan hanya membuat kamu lebih tenang, tapi juga mencegah karang gigi. Teh mengandung senyawa polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri di mulut. Dengan terhambatnya bakteri, mereka tidak bisa lagi mengubah sisa makanan jadi plak, apalagi membuat gigi jadi berlubang. Caranya, kamu bisa berkumur dengan menggunakan teh hijau atau hitam, sepuluh kali sehari.

5. Permen Karet Tanpa Gula

Foto : pixabay.com

Kata siapa permen itu tidak baik untuk gigi? Ya, kebanyakan permen memang dapat jadi penyebab gigi berlubang, tapi itu tidak akan terjadi jika kamu kamu mengonsumsi permen karet tanpa gula. Alih-alih merusak, mengunyah permen karet tanpa gula akan meningkatkan produksi air liur dan membantu membersihkan gigi dan mulut.

Makanan umumnya jadi penyebab sejumlah masalah pada gigi. Tapi hal itu tidak berlaku dengan enam makanan ini. Satu lagi, jangan lupa sikat gigi ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *