LatestTRIPFOOD

Jangan Bully Bekasi Terus! Ini 5 Kue Khas Bekasi yang Bikin Kamu Jatuh Cinta

Trippers – Panas, macet, dekat dengan matahari? Jangan bilang kamu bayangin Kota Bekasi, huehehe. Meski terkenal dengan kota dengan cuaca yang panas, Bekasi jugamemi daya tarik wisatanya sendiri loh.

Bagi yang sering bully Bekasi, tahu gak sih kue-kue khas dan menjadi kebanggaan orang Bekasi? Pasti gak tau kan? Hayo loh! Daripada celingak-celinguk kebingungan, langsung aja yuk simak ulasan berikut!

1. Duit

Foto: pesonalokal.com

Pernah gak sih kalian mikir kalau duit itu bisa dimakan? Faktanya, di Bekasi orang-orangnya memang suka makan duit! Eits, jangan mikir macam-macam loh. Orang Bekasi gak bisa debus kok.

Duit yang mereka makan ini namanya kue duit. Kue berbentuk bulat pipih mirip “duit” logam. Rasanya manis mirip kue semprong membuat kue duit ini sangat digemari masyarakat, terutama saat lebaran.

2. Rangi

Foto: thetrackofexistence.wordpress.com

Buat kamu yang orang Betawi pasti kenal dengan kue ini. Karena memang Masyarakat Bekasi merupakan perpaduan Betawi dan Sunda sehingga kue rangi bisa kamu temukan di sini.

Campuran kelapa yang gurih pada adonan tepung kanjinya, ditambah dengan siraman saus gula merah, dijamin bikin lidahmu ketagihan sama kue yang satu ini.

3. Jalabia

Foto: ceroboh.com

Kalau kita melihat bentukan kue ini pasti ingat dengan kue donat, yakan… Tapi kue jalabia tentunya berbeda. Kue ini dibuat dengan campuran tepung ketan, tepung beras, kelapa parut dan santan segar dan kemudian diberi campuran gula merah, sehingga cita rasa manis gula merahnya meresap hingga ke dalam adonan kue ini.

Teksturnya pun berbeda dengan donat. Jalabia memiliki tekstur yang kenyal dan serupa dodol. Manis dan kenyalnya jalabia dijamin bakal bikin kamu gak mau berhenti buat ngunyah.

4. Kembang Goyang

Foto: banjarbaruweb.com

Fix, kalau kalian gak tau dengan kue yang satu ini, lebaran kalian cuma di rumah aja. Karena kue khas Betawi ini memang sering muncul saat lebaran.

Nama kembang goyang sendiri muncul dari dua hal. Kata kembang muncul karena memang bentuk kue ini menyerupai kembang atau bunga. Sedangkan dinamai goyang bukan berarti kalau habis makan ini kita bakal goyang-goyang loh ya, huehee.

Kata goyang muncul karena proses pembuatan kue ini adalah dengan cara cetakan yang dicelupkan ke dalam adonan, lalu cetakan akan di goyang-goyang dalam minyam panas.

5. Rengginang

Foto: kuka.co.id

Siapa yang sering kena prank dengan kue yang satu ini? Kalengnya Khong Guan, isinya rengginang, atau kalau zaman sekarang sudah pakai kaleng Oreo Supreme nih, huehehe.

Meski begitu, tetap saja rengginang menjadi idola semua umat ya. Rasa gurih dari bawang putih dan garam sebagai bumbu ketan yang dikeringkan ini menjadi cita rasa andalan rengginang Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *