LatestTRIPFOOD

5 Rekomendasi Menu Dessert Khas Lebanon

Trippers – Masyarakat Lebanon memiliki banyak sekali jenis makanan manis dan pastri dengan rasa yang dapat membuatmu ketagihan. Beberapa di antaranya sangat cocok untuk dijadikan dessert karena mempuyai ukuran yang tidak terlalu besar dan rasa yang lezat. Selain itu, makanan tersebut dibuat dari berbagai macam adonan khas Lebanon seperti kataifi dan phyllo lalu dibentuk dengan tampilan yang cukup menarik.

Dengan memiliki berbagai macam isian seperti kurma dan kacang serta disajikan dengan siraman sirup gula. Inilah lima makanan manis khas Lebanon yang dapat dijadikan menu dessert.

  1. Znoud el sit
Foto : ilovearabicfood.com

Znoud el sit menjadi pilihan utama dari masyarakat Lebanon untuk menu berbuka puasa. Makanan ini memang mudah sekali dijumpai pada saat bulan suci Ramadhan.

Znoud el sit terbuat dari adonan phyllo yang sangat tipis kemudian di dalamnya diisi dengan krim ashta lalu digoreng hingga renyah. Setelah matang, znoud el sit disajikan dengan sirup gula kental serta ditaburi bubuk pistachio.

Selain di Lebanon, hidangan ini juga sangat populer di negara Irak dan Suriah namun dengan nama yang berbeda.

  1. Bukaj baklava
Foto : damasbakery.com

Bukaj baklava sering dijuga disebut bird’s nest baklava dalam bahasa Inggris. Makanan ini terbuat dari beberapa lapis adonan yang bernama phyllo yang dibentuk persegi kemudian diisi dengan kacang yang telah dihaluskan.

Secara tradisional, kacang yang digunakan sebagai isian bukaj baklava adalah campuran dari jenis kacang pinus dan mete yang dapat memberikan cita rasa yang autentik.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan mentega dan disiram sirup gula. Rasa manis dari kacang dan sirup menjadikan bukaj baklava sebagai makanan dessert yang sempurna.

  1. Ma’amul
Foto : en.wikipedia.org

Dari sekian banyak pastri khas Lebanon dengan cita rasa manis, ma’amul menjadi salah satu makanan yang paling populer. Dari segi tampilan, ma’amul mirip dengan biskuit yang di dalamnya diisi dengan kurma, kacang, serta gula.

Hidangan ini diproses dengan cara dipanggang kemudian setelah matang bagian atasnya ditaburi gula halus. Dengan begitu, dapat dipastikan jika ma’amul memiliki rasa yang sangat manis.

Makanan ini biasanya sering disajikan saat perayaan hari besar seperti Idulfitri.

  1. Kunafah
Foto : www.republika.co.id

Permukaan luar dari kunafah memiliki tekstur yang sangat renyah. Hidangan ini terbuat dari adonan knefe yang mempunyai dua lapisan atas bawah kemudian pada bagian tengahnya diisi dengan krim keju yang creamy. Sedangkan keju yang dipakai untuk pembuatan kunafah bisa dibuat dari jenis keju hatay, urfa, atau atep.

Kunafah lebih nikmat disajikan dalam keadaan hangat agar kamu dapat merasakan tekstur renyahnya. Selain itu, makanan ini bisa dimakan dengan sirup gula dan dicampur dengan jus lemon.

  1. Basma
Foto : patisserieroyale.com

Untuk bahan-bahan pembuatan, basma menggunakan bahan yang hampir mirip dengan bukaj baklava. Hidangan ini terbuat dari adonan yang bernama kataifi yang terdiri dari dua lapis lalu pada bagian tengahnya diisi dengan campuran kacang pinus dan mete yang telah dihaluskan.

Basma yang telah matang kemudian dipotong dengan bentuk kotak-kotak dan ditambahkan lagi kacang tumbuk pada bagian atasnya. Basma mempunyai tekstur yang sangat lembut dan basah karena hidangan ini selalu dinikmati ketika telah dingin dan disiram dengan sirup manis.

Tinggalkan Balasan