LatestTRIPFOOD

5 Makanan Tanpa Santan yang Bisa Jadi Pilihan saat Lebaran

Trippers – Salah satu hal yang paling ditunggu saat momen lebaran tiba adalah santapan khas lebaran yang jarang kamu temui di hari-hari biasa.

Menu khas lebaran yang umumnya berbahan dasar santan memang menggiurkan, namun tak sedikit orang yang justru menghindari santan dalam menu makanan mereka.

Berikut ini adalah beberapa menu makanan tanpa santan yang cocok kamu sajikan di hari lebaran nanti.

  1. Semur Betawi
Foto : www.kompas.com

Menu selanjutnya hampir mirip dengan rawon namun berasal dari daerah yang berbeda, yaitu semur khas Betawi.

Semur memang merupakan makanan yang umum dijumpai di berbagai daerah, namun semur khas Betawi memiliki ciri khas yang berbeda dengan semur dari daerah lainnya yaitu rempah yang digunakan lebih banyak dan kuahnya sangat kental sehingga rasanya menjadi lebih gurih dan lezat.

Daging sapi yang dilengkapi dengan kuah yang dibuat dengan bumbu rempah yang melimpah seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, ketumbar, pala, daun salam, cengkih, kayu manis dan kecap manis, akan membuat selera makan kamu bertambah setelah sebulan penuh berpuasa. Untuk itu, makanan ini sangat cocok menemani hari Lebaran kamu bersama keluarga di rumah.

  1. Soto Banjar
Foto : www.resepistimewa.com

Soto dari daerah Kalimantan Selatan ini dapat dijadikan pilihan untuk menu lebaran bagi kamu yang gak makan santan.

Soto Banjar dibuat dengan bahan utama berupa ayam. Pada umumnya ayam yang digunakan adalah ayam kampung karena rasa dan teksturnya yang lebih nikmat serta kaldu yang dihasilkan juga menjadi lebih gurih. Bahan-bahan lain seperti bawang merah, bawang putih, merica, kayu manis, pala, cengkeh, serta kapulaga juga perlu ditambahkan untuk menambah cita rasa dan aroma.

Soto ini biasa disajikan dengan tambahan soun, perkedel kentang, telur rebus, irisan daun bawang, dan seledri. Jangan lupa untuk menambahkan sambal sebagai pelengkap untuk menikmati soto khas Kalimantan Selatan ini saat Lebaran tiba.

  1. Sambal Goreng Ati Ampela
Foto : www.resepmasakterbaru.com

Menu satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang Indonesia. Bahkan banyak juga lho yang sudah menjadikannya sebagai salah satu menu wajib saat lebaran.

Sambal goreng ati ampela umumnya dibuat dengan bumbu yang terdiri dari daun jeruk, garam, gula, kaldu ayam, bawang merah, bawang putih, cabai merah dan lengkuas.

Disajikan dengan potongan kentang yang dipadukan dengan nikmatnya bumbu yang pedas tentunya sangat cocok dimakan bersama keluarga di rumah saat Lebaran nanti.

  1. Nasu Palekko
Foto : makassar.tribunnews.com

Namanya mungkin masih asing bagi sebagian besar orang, tapi makanan khas dari pulau Sulawesi ini dapat dicoba sebagai salah satu menu lebaran kamu lho.

Menu ini terbuat dari daging bebek yang dibumbui dengan merica, cabe rawit, cabai merah besar, daun salam, bawang merah, bawang putih, asam jawa, dan rempah-rempah lainnya. Daging bebek yang dimasak hingga empuk dipadukan dengan bumbunya yang pedas dan kaya akan rempah tentu saja dapat menggugah selera makan kamu saat lebaran walaupun tanpa santan.

  1. Rawon
Foto : www.tribunnews.com

Bagi kamu orang Jawa Timur pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Makanan yang menggunakan keluwak sebagai bumbu khasnya ini juga dapat dijadikan santapan lezat saat lebaran tiba.

Daging sapi yang empuk dan lembut dipadukan dengan kuah rawon yang manis dan gurih tentu saja dapat memanjakan lidah bagi siapa saja yang menikmatinya. Dilengkapi dengan taoge pendek, kentang, daun kemangi, kerupuk udang, dan sambal pastinya akan membuat santapan Lebaran kamu menjadi lebih istimewa meskipun tanpa santan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *