LatestTRIPFOOD

5 Makanan Khas Purbalingga yang Wajib Dicoba

Trippers – Terkenal dengan logat ngapaknya, Purbalingga merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Purbalingga juga kerap disorot lantaran daerah ini menjadi tempat kelahiran salah satu pahlawan nasional Jenderal Soedirman.

Jika berbicara mengenai Purbalingga, pembahasannya pasti tidak terlepas dari ragam tempat wisata dan kuliner khasnya yang terkenal lezat. Lalu apa saja kuliner khas Purbalingga tersebut? Yuk simak uraiannya berikut ini.

  1. Gulai Melung
Foto : beritagar.id

Gulai melung khas Purbalingga memiliki cita rasa yang khas dibanding gulai-gulai yang selama ini kamu temui. Pasalnya cara memasak gulai melung masih menggunakan cara tradisional.

Gulai melung biasanya terdiri dari daging kambing, sumsum, jeroan, babat, tulang kambing, kepala, dan kaki. Sesuaikan saja dengan seleramu. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp35.000 per porsi, bergantung dari jenis isian gulai yang kamu pilih.

  1. Soto Kriyik
Foto : www.purbalinggakab.go.id

Liburan ke Purbalingga kurang lengkap rasanya jika belum mencicipi salah satu kuliner khasnya yang paling populer, yaitu soto kriyik.

Seporsi soto kriyik terdiri dari ketupat atau lontong, mie bihun, suwiran ayam, jeroan, kecambah, dan bahan-bahan lainnya. Agar rasa soto kriyik semakin nikmat, kamu bisa menambahkan sambal kacang yang pedas.

Untuk bisa menikmati kelezatan seporsi soto kriyik kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000.

  1. Sate Blater
Foto : bisnisbandung.com

Sate blater berasal dari desa Blater, kecamatan Kalimanah. Inilah alasan makanan khas yang satu ini dinamakan sate blater.

Sama seperti sate dari daerah lain, sate blater dibuat dari daging ayam. Yang membedakan adalah cara memasaknya. Jika biasanya sate dibakar saat daging masih mentah, daging sate blater justru direndam terlebih dahulu di dalam bumbu khusus sebelum dibakar.

Pedagang sate blater banyak dijumpai di jalan Mayjend Sungkono. Harganya berkisar Rp10.000 untuk 10 tusuk.

  1. Mendoan
Foto : akurat.co

Kepopuleran mendoan sebagai makanan khas Purbalingga sudah tersebar di mana-mana. Makanan ini terbuat dari tempe kedelai yang diberi tepung lalu digoreng setengah matang.

Mendoan terasa semakin lezat jika disantap bersama dengan cabai rawit atau saos kecap yang diberi potongan cabai. Harga 1 buah mendoan hanya Rp1.500 saja.

  1. Nopia
Foto : www.bukalapak.com

Nopia merupakan kue khas Purbalingga yang berbentuk setengah bulat dengan dasarnya yang sedikit gosong. Nopia terbuat dari tepung terigu dan diberi isian gula merah, susu, atau keju. Cara memasaknya yaitu dengan menempelkan adonan nopia pada dinding gentong yang telah dipanaskan.

Kuliner khas yang satu ini cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Hanya dengan membayar Rp15.000 kamu sudah bisa membawa pulang sebungkus nopia yang legit ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *