LatestTRIPFOOD

5 Makanan Khas Banjarmasin yang Menggugah Selera

Trippers – Indonesia terkenal dengan keindahan panorama alamnya, budayanya serta juga kulinernya. Dengan budaya yang berbeda- beda tersebut tentu saja akan menciptakan olahan makanan yang berbeda-beda pula dan bisa membuat lidahmu bergoyang dan ingin nambah lagi dan juga lagi.

Salah satunya adalah dengan mencicipi nikmatnya makanan khas Banjarmasin. Nah, untuk kamu yang masih belum mengenal apa saja ini makanan khas Banjarmasin yuk simak beberapa makanan berikut ini yang nantinya bisa kamu cicipi.

1. Sup Mutiara

Foto : resepayamresto.com

Sup Mutiara merupakan kuliner khas suku Tionghoa di Banjarmasin. Biasanya sup mutiara disajikan saat perayaan Imlek atau perayaan-perayaan besar lainnya. Kuliner satu ini memang cukup sulit ditemukan di rumah-rumah makan di Banjarmasin karena lebih banyak dikenal di kalangan tertentu. Kuliner ini dinamakan sup mutiara karena di dalamnya terdapat bakso kerikil atau bakso berukuran kecil-kecil layaknya mutiara. Bakso yang digunakan dibuat dari daging ayam yang digiling yang kemudian dicampur dengan kentang dan bawang putih halus.

2. Ikan Seluang

Foto : 7terbaik.com

Ternyata makanan khas Banjarmasin memiliki banyak sekali olahan ikan. Nah olahan ikan lainnya yang bisa kamu nikmati adalah ikan seluang yang sangat mudah untuk kamu temukan di kota Banjarmasin ini. Ikan seluang ini mirip dengan ikan teri dan bentuknya yang kecil sangat cocok sebagai lauk pelengkap nasi putih.

kamu juga bisa menjadikan ikan seluang yang sudah digoreng ini sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara dikampung.

3. Mandai

Foto : cookpad.com

Mandai/manday ini terbuat dari kulit cempedak (Tiwadak, dalam bahasa Banjar) yang diolah sedemikian rupa setelah melalui proses fermentasi. Kulit buah cempedak bagian dalam yang terlihat seperti gabus dipotong-potong kecil sesuai selera, kemudian direndam dengan air garam selama beberapa hari. Bagi masyarakat Banjar, mandai ini merupakan alternatif lauk pengganti daging loh. Mungkin karena teksturnya yang agak mirip dengan daging. Soal rasa, silakan cicipi sendiri saat berkunjung ke Banjarmasin.

4. Gangan asam patin

Foto : www.masakapahariini.com

Gangan merupakan sayur dalam bahasa Banjar. Salah satu olahan ikan patin yang terkenal di Banjarmasin yaitu gangan asam patin. Karena menggunakan ikan patin, maka sayur ini mempunyai kuah yang berlemak. Di dalamnya terdapat campuran kacang panjang, labu siam, tomat serta kol. Tak lupa pula menambahkan belimbing wuluh serta cabai hijau utuh. Perpaduan rasa yang khas sungguh menggugah selera.

5. Gangan humbut

Foto : www.borneos.id

Humbut sendiri di daerah Banjar merupakan rebung atau tunas pohon kelapa. Humbut banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Masakan khas Banjarmasin yang digemari banyak orang ini dimasak hanya dengan bumbu bawang merah yang dicampur dengan santan, kacang panjang, labu, dan humbut itu sendiri. Masakan bercita rasa manis dan gurih ini mampu menggoyang lidah. Cukup mudah ditemui di rumah-rumah makan di Banjarmasin.

 

Baca Juga : 5 Kuliner Khas Madrid yang Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *