LatestTRIPFOOD

5 Kuliner Khas Salatiga

Trippers – Salatiga sebagai salah satu kota yang ada di Jawa Tengah. Disini kamu masih merasakan kesejukan dari kota kecil ini karena kota ini dikelilingi oleh pegunungan yaitu Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Ungaran, dan Gunung Telomoyo.

Di kota ini kamu bisa menemukan beberapa makanan lezat khas Salatiga yang bisa kamu coba.

1. Gecok Kambing

Foto : travel.kompas.com

Menjadi salah satu makanan yang populer di Salatiga, Gecok kambing memiliki rasa yang lezat. Keunikan masakan yang menyerupai tongseng ini yaitu menggunakan kelapa sangrai sebagai bumbu pelengkapnya.

2. Gudeg Koyor

Foto : m.guideku.com

Gudeg identik sebagai makanan khas Yogyakarta, tapi untuk gudeg koyor ini kamu juga bisa temukan di Salatiga juga kok. Memiliki isian nangka muda dilengkapi bersama koyor sapi, telur pindang dan sambal goreng kerecek yang menambah kenikmatan makanan satu ini.

3. Opor Bebek

Foto : cookpad.com

Makanan yang berkuah santan dan bebek sebagai menu utamanya dimasak dengan menggunakan bumbu-bumbu dan rempah-rempah yang menyerap ke dalam daging bebek dijamin membuatmu ketagihan ketika menyantapnya.

4. Nasi Rames Empal

Foto : pergikuliner.com

Tak jauh berbeda dari nasi rames lainnya, yang mana isinya oseng tahu kacang panjang dan sambal. yang membedakan dan membuat nikmat adalah karena memakai empal.

5. Pecel Keong

Foto : travel.tempo.co

Isian pecel ala Salatiga ini terdiri dari tauge, bayam, daun pepaya, pakis dan bunga turi. Disiram dengan sambal kacang dan jangan lupa pelengkapnya sate keong. Kamu bisa menikmati satu porsi pecel keong ini dengan nasi maupun lontong, tergantung selera masing-masing.

Kamu tertarik yang mana ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *