LatestTRIPFOOD

5 Kuliner Asli Toraja

Trippers – Hai sobat trippers pernah dengar pemakaman dengan cara diawetkan ? Yah benar sekali, itu berada di Toraja, tetapi jangan salah sobat trippers. Di Toraja sendiri masih ada warga yang beragama muslim, nih bagi sobat trippers yang muslim ingin jalan-jalan di Toraja serta menikmati kuliner khas Toraja yang tentunya halal. Nih trippers.id kasih tau apa saja kuliner tersebut. Yuk langsung kita cek :

1. Pa’piong Manuk Ayam/Dangkot

Foto: akbarpost.com

Jadi makanan khas Toraja ini berbahan dasar ayam nih sobat trippers, sebenarnya makanan yang satu ini bisa dibuat dengan berbagai daging, seperti daging ikan, babi ataupun ayam. Daging ayam ini tentunya di cuci terlebih dahulu lalu dicampur dengam berbagai macam bumbu dan tentunya menggunakan daun mayana, citarasa dari Pa’piong manuk ini pedas karena ada cabe yang menjadi bumbu di pa’piong manuk. Nah bagi sobat trippers yang kurang suka dengan pedas maka berhati-hatilah.

2. Pokon

Foto: akbarpost.com

Kuliner yang satu ini lumayan terkenal dikalangan wisatwan dan juga tidak asing dilidah semua orang karena didaerah lain biasanya disebut lontong, yang membedakan dari pokon ini dengan lontong terlihat dari ukuran, teknik membungkus dan bahan dasar yang digunakan.
Membuat pokon tidak menggunakan beras ketan putih melainkan beras ketan hitam. Beras ketan hitam yang sudah dicuci bersih dan ditanak setengah matang, lalu dicampur dengan parutan kelapa. Setelah tercampur rata pokok lalu dibungkus dengan daun bambu. Hmm enak banget kalau dinikmati dengam secangkir teh dipagi hari nih sobat trippers.

3. Palopo

Foto: seringjalan.com

Makanan khas Toraja yang satu ini memang cukup unik, karena berbahan dasar tepung sagu lalu disiram dengan air panas, nah setelah itu dibentuk bulat-bulat. Lalu setelah itu ditambah dengan daging ikan atau daging tertentu. ditambahkan kuah yang berisi jagung, bumbu kacang.
Hmm enak banget nih sobat trippers. Yuk coba kalau pergi ke Toraja.

4. Dangkot Daging Kotte Bebek

Foto: sulsel.idntimes.com

Kuliner yang satu ini sesuai dengan namanya tentu saja berbahan dasar bebek nih sobat trippers, bagi sobat tirppers yang suka dengan daging bebek patut mencoba kalau datang ke Toraja. Citarasa dari dangkot kotte bebek ini pedas dan gurih, rasa pedasnya itulah yang mampu meningkatkan selera makan sekaligus menggoyang lidah nih sobat trippers.

5. Deppa Tori

Foto: tagar.id

Deppa tori merupakan salah satu kuliner khas Toraja tetapi deppa tori ini lebih kepada cemilan sobat trippers. Kuliner yang satu ini terbuat dari tepung beras, yang dicampur dengan gula merah dan bahan lainnya. Bisa juga dibawa untuk oleh-oleh sobat trippers. Tentunya tidak sulit mendapatkan kuliner yang satu ini karena sobat trippers bisa menemukan di pusat oleh-oleh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *