LatestTRIPFOOD

5 Jajanan Khas Bandung yang Wajib Banget Dicoba

Trippers – Kuliner di Bandung memang sangat beraneka ragam, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan seperti jajanannya. Di Bandung sendiri kamu bisa menemukan dengan mudah jajanan khas Bandung dimana pun, mulai dari kaki lima hingga hingga restoran. Harga dari jajanan-jajanan tersebut juga sangat beragam dan kebanyakan dari jajanan tersebut dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Berikut ini beberapa jajanan khas Bandung yang wajib banget kamu coba saat ke Bandung.

1. Seblak

Foto : gourmettodaycookbook.com

Siapa sih yang gak tahu seblak? Makanan yang sempat heboh beberapa tahun yang lalu ini terbuat dari bahan dasar kerupuk mentah. Ya, kerupuk yang sejatinya digoreng justru direbus hingga agak lunak. Setelah itu dimasak bersama bumbu, telur ayam, air dan ditambahkan sayuran seperti sawi hijau. Pelengkapnya ada bakso ikan, sosis, siomay bahkan juga ceker ayam.

Ciri khas seblak terletak pada rasanya yang dominan aroma cikur atau kencur. Biasanya penggemar seblak lebih suka menikmatinya dengan menambahkan banyak sambal. Semakin pedas, seblak jadi terasa semakin nikmat.

2. Batagor

Foto : traveling.bisnis.com

Batagor sendiri mungkin menjadi makanan yang sangat dicari oleh banyak orang saat ke Bandung. Kudapan yang satu ini merupakan merupakan olahan sagu yang digoreng dengan kulit pangsit. Batagor sendiri biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan saus. Berbeda dengan olahan aci lainnya, batagor dicampurkan dengan bahan ikan tenggiri sehingga menjadikannya tersa gurih.

3. Bakso Aci

Foto : travel.kompas.com

penyajian dan cita rasa baso aci ini mirip dengan cuanki. Karena tak jarang, cuanki juga dijadikan pelengkap dalam satu porsi baso aci. Isian baso aci dan cuanki juga tak jauh beda, yakni tahu goreng, pangsit goreng, pilus cikur dan terkadang ditambah dengan mie kuning. Tak lupa beri perasan jeruk limau sesaat sebelum disajikan.

Sementara bedanya terletak pada bahan utamanya, yakni baso aci yang terbuat dari tepung kanji. Sehingga cita rasanya kenyal dan liat ketika dikunyah. Berbeda dengan cuanki yang mengandung campuran daging sapi atau ikan dan terasa lebih lembut saat digigit.

4. Bandros

Foto : cookpad.com

Bandros merupakan makanan yang berbahan dasar kelapa dan tepung beras. Untuk jenis kue bandros klasik biasanya hanya disajikan dengan gula pasir. Tetapi, sekarang ini seiring berjalannya waktu bandros juga disajikan dengan berbagai macam topping mulai dari bandros manis dan bandros asin. Topping bandros asin biasanya disajikan dengan kornet, telur, oncom, ayam dan masih banyak lagi. Sedangkan, untuk bandros manis di sajikan dengan rasa cokelat, keju, hingga pisang susu.

5. Cireng

Foto : kabarbesuki.pikiran-rakyat.com

Siapa yang gak tahu jajanan harga gopekan ini? Saking terkenalnya, cireng yang khas dengan bumbu rujaknya ini sudah dijual di mana-mana. Bahkan, cireng kini sudah tersedia dalam bentuk frozen dan dijual secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *