LatestTRIPFOOD

5 Dessert Asal Turki yang Wajib Kamu Coba!

Trippers.id – Siapa nih yang punya rencana untuk pergi ke Turki? Selain menyimpan destinasi wisata yang menarik, negara ini juga memiliki berbagai destinasi dan hidangan yang layak untuk dikunjungi dan dicicipi.

Tapi, mungkin kamu masih bingung menu apa yang cocok untuk dicicipi. Nah, Apa saja itu? Yuk simak!

1. Baklava

Foto : www.theinternationalkitchen.com

Dengan menggunakan resep tradisional, hidangan ini diolah dari lembaran pastry yang sangat tipis dan diisi dengan kacang cincang seperti kenari, hazelnut, atau pistachio.

Selain itu, kerap dihidangkan di atas nampan yang lebar dan diiris menjadi berbagai bentuk seperti kotak, segitiga ataupun berlian. Tak lupa, sebelum dinikmati disiram dengan sirop yang terbuat dari lemon, air mawar, kayu manis, hingga kapulaga.

2. Maraş dondurma

Foto : www.hurriyet.com.tr

Tak seperti kebanyakan es krim lainya, maraş dondurma merupakan es krim yang tidak mudah mencair. Es ini memiliki tekstur yang padat, keras dan kenyal sehingga menjadi hidangan yang unik. Bahkan, membutuhkan pisau atau benda tajam untuk menyajikannya lho!

Tekstur seperti itu tercipta lantaran kandungan bahannya yang terdiri dari susu kambing, permen karet damar wangi hingga salep. Dengan mudah, kamu bisa menemukan hidangan satu ini di berbagai kios pinggir jalan.

3. Helva

Foto : turkishfoodie.com

Helva merupakan dessert nikmat yang terbuat dari tepung terigu ataupun tahini (pasta wijen). Bisa juga ditambahkan kakao untuk menambah cita rasa dan tak lupa topping kacang- kacangan di atasnya.

Tapi, kalau kamu lagi diet jangan makan berlebih ya. Sebab, hidangan ini mengandung banyak kacang, mentega, hingga gula yang tentunya tinggi kalori.

4. Kunefe

Foto : turkishfoodchef.com

Memiliki tekstur yang lembut bikin enggak bisa berhenti makan. Sebelum dihidangkan, adonan kunefe direndam dengan mentega lalu dipanggang bersamaan dengan keju yang diselipkan di dalamnya.

Nah, keju yang kerap digunakan biasanya menggunakan keju tawar murni. Tak lupa ditambahkan dengan pistachio dan kenari di atasnya sebagai toping dan sirop manis untuk menambah cita rasa. Nikmat disajikan selagi hangat apalagi ditemani secangkir teh!

5. Lokum

Foto : www.youtube.com

Lokum merupakan salah satu permen terkenal di dunia. Terbuat dari pati dan gula serta memiliki rasa kenyal, awalnya lokum hadir dalam tiga rasa. Yakni berwarna merah yang berati rasa mawar, hijau untuk jeruk pahit dan kuning untuk lemon.

Namun seiring berkembangnya zaman, permen satu ini memiliki varian rasa yang lebih banyak. Seperti pistachio, hazelnut, almond, kayu manis, mint, jahe, cengkeh dan masih banyak lagi. Oh ya, kamu juga bisa menyantapnya bersamaan dengan secangkir teh atau kopi lho.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *