Kemenparekraf Gelar Sales Mission di Uzbekistan
Jakarta, 14 November 2023 – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkolaborasi dengan KBRI Tashkent dan sejumlah industri pariwisata tanah air untuk menyelenggarakan misi penjualan atau sales mission di Uzbekistan yang berlangsung pada 10-13 November 2023.
Kemenparekraf berkolaborasi dengan KBRI Tashkent dan sejumlah industri pariwisata tanah air menyelenggarakan misi penjualan di Uzbekistan, Selasa (14/11/2023).
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangannya, Selasa (14/11/2023), mengatakan kegiatan sales mission berlangsung di dua kota yakni Tashkent dan Samarkand dirangkai dengan business gathering yang berkolaborasi dengan mitra lokal berlangsung di Kota Bukhara.
“Rangkaian kegiatan promosi pariwisata Indonesia ini dihadiri oleh buyers yang merupakan pelaku industri pariwisata Uzbekistan di masing-masing kota,” kata Menparekraf Sandiaga.
Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi aktif Kemenparekraf/Baparekraf dengan pelaku industri pariwisata di Indonesia dalam upaya membangkitkan ekonomi pascapandemi dan mempertahankan posisi Indonesia sebagai top of mind destination bagi wisatawan asal Asia Tengah, khususnya Uzbekistan.
Jumlah kunjungan wisatawan Uzbekistan pada 2023 menunjukkan pertumbuhan sebesar 628 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya (Januari-September 2022). Hal ini menjadikan Uzbekistan menempati urutan ke-3 dari lima besar negara di Asia Tengah dengan jumlah wisatawan terbanyak ke Indonesia setelah Kazakhstan dan Iran.
Uzbekistan juga menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tengah yang memiliki konektivitas penerbangan langsung ke Indonesia dengan kembali beroperasinya rute Tashkent-Jakarta (PP) dari Uzbekistan Airways sejak 26 April 2023.
( Foto Ilustrasi : dok. Kemenparekraf)
“Capaian ini perlu kita dorong dengan berbagai kegiatan promosi yang berpotensi untuk mendatangkan wisatawan mancanegara dari Uzbekistan ke Indonesia, seperti kegiatan sales mission, sehingga kunjungan wisman dari negara itu akan terus meningkat,” kata Menparekraf Sandiaga.
Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, menambahkan sales mission diikuti oleh lima industri pariwisata Indonesia yaitu PT Tambatan Hati, PT Bhuana Inti Wisesa (BALIVE Travel), Go Indonesia Tour, Panorama Destination Indonesia, dan Double Six Luxury Hotel Seminyak.
Selain pelaksanaan sales mission, Wonderful Indonesia juga berpartisipasi dalam bursa pariwisata terbesar di kawasan Asia Tengah yaitu Tashkent International Tourism Fair (TITF) yang akan dilaksanakan pada 15-17 November 2023 di Uzexpocentre Exhibition Centre, Tashkent.
( Foto Ilustrasi : dok. Kemenparekraf)
“Partisipasi pada TITF ini akan menjadi keikutsertaan Wonderful Indonesia yang pertama pascapandemi pada bursa pariwisata internasional di wilayah Asia Tengah. Melalui partisipasi pada TITF ini, industri pariwisata Indonesia akan mendapatkan peluang untuk meningkatkan potensi transaksi penjualan paket wisata Indonesia dan memperluas jaringan dengan mitra potensial di Uzbekistan serta negara-negara di Asia Tengah,” kata Made.
——————————————
I Gusti Ayu Dewi Hendriyani
Kepala Biro Komunikasi | Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif