LatestTRIPFOOD

Rekomendasi Makanan Khas Banyuwangi 

Banyuwangi adalah sebuah daerah dengan banyaknya destinasi wisata yang beragam, mau dari pegunungan, air mancur, taman hingga pantai semua bisa di temukan di daerah ini.

Karena banyak tempat wisata ini banyak sekali aneka Makanan khas Banyuwangi yang enak yang sering di jadikan oleh-oleh dan yang paling penting harganya tidak menguras kantong.

Ini juga merupakan salah satu daya tarik dari Banyuwangi.

Mengunjungi ke Banyuwangi memang tak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh. Banyak sekali oleh-oleh khas Banyuwangi seperti batik, kopi, kerajinan dan aneka makanan yang enak.

Harganya juga murah. Apa saja oleh-oleh yang populer di Banyuwangi? Berikut ini informasinya.

Rekomendasi Makanan Khas Banyuwangi 

1. Bagiak

Bagiak
Sumber : Google/bersosial

Pernah dengar nama kudapan ini? Bagiak adalah makanan khas Banyuwangi yang terbuat dari tepung sagu lalu di olah dengan cara khusus. Bentuknya seperti kue lidah kucing dan tersedia banyak rasa yaitu vanilla, pandan, mocca, nangka, kacang dan jahe. Karena rasa dan bentuknya yang mungil banyak wisatawan menjadikannya makanan khas Banyuwangi.

Karena terbuat dari tepung sagu, teksturnya menjadi sangat lembut dan lumer. Rasanya juga manis. Kue ini juga bisa awet hingga 3 bulan tanpa terpapar sinar matahari. Tidak heran banyak yang menjadikannya oleh oleh khas Banyuwangi.

2. Klenbem 

Klenbem
Sumber : Google/Bersosial

Makanan khas Banyuwangi selanjutnya adalah Kelemben. kue ini berbasar dasar tepung terigu yang di campur dengan gula dan di bentuk layaknya kura-kura. Jajan khas banyuwangi ini sering di jadikan oleh oleh khas Banyuwangi karena bentuknya mini dan rasanya enak.

3. Ladrang Sabrang

Ladrang Sabrang
Sumber : Google/bersosial

Ladrang Sabrang adalah sejenis cemilan yang terbuat dari ubi dan sering di jadikan oleh oleh Banyuwangi. Rasanya renyah dan sedikit manis. Kelebihan dari kudapan  ini selain enak, makanan ini di percaya bisa mengobati beberapa penyakit.

Alasan dari khasiatnya karena terbuat dari ubi itu sendiri. Kandungan dari beta karoten dan serat bisa menyembuhkan obesitas dan diabetes. Tak jarang makanan khas Banyuwangi  ini sering di jadikan menu diet.

4. Pia Glenmore 

Pia Glenmore
Sumber : google/bersosial

Masih membahas makanan, makanan khas Banyuwangi selanjutnya adalah Pia Glenmore. Bentuknya mirip seperti Bakpia oleh-oleh khas Jogja serta isinya juga terbuat dari kacang hijau. Kulitnya yang renyah dan rasanya yang gurih dan sedikit manis sangat cocok di jadikan oleh-oleh. Menariknya harga Pia Glenmore terbilang terjangkau.

5.  Untir-untir 

untir untir
Sumber : Google/berosial

Oleh oleh yang sering di cari para wisatawan juga adalah Untir-untir. makanan khas Banyuwangi ini terbuat dari tepung terigu yang di bentuk seperti tali tambang. cita rasanya yang renyah, garing dan manis.

Dalam bahasa Jawa,  makanan ini juga di sebut berulir. namun di Banyuwangi di namakan untir-untir. inilah yang menjadikan makanan ini unik dan cocok di berikan pada orang-orang terkasih.

6.  Tape Buntut 

Tape Buntut
Sumber : Google/bersosial

Tape Buntut adalah makanan khas Banyuwangi yang di bungkus dengan menggunakan daun jati yang di bentuk menyerupai buntut atau ekor.

oleh oleh khas Banyuwangi ini juga salah satu makanan khas suka osing yang wajib anda coba.

7. Savanna Cake 

Savana Cake
Sumber : Google/bersosial

sebenarnya kue Savanna hanya makanan khas Banyuwangi yang kekinian.  tapi yang menariknya dari kudapan ini adalah di sajikan sedemikian rupa miripsher dengan destinasi wisata di Banyuwangi. Nama Savanna juga terinspirasi dari padang savana yang indah di Taman Nasional Alas Purwo dan Taman Nasional Baluran. Krim di buat mirip dengan warna tempat wisata Banyuwangi seperti Pantai Pulau Merah, teluk Ijo, Kawah Ijen, Blue Fire, dan Wedi Ireng. Karena keunikannya sering menjadi oleh oleh khas Banyuwangi.

Bolu kekinian ini terdapat 5 varian rasa yang mempresentasikan destinasi wisata di Banyuwangi yaitu Savanna Red Island, Savana Green Bay, Savana Blue Fire, Savana Sunrise of Java, dan Savana Wedi Ireng. 

8. Rengginang 

Renginang
Sumber : google/bersosial

Siapa yang masih asing dengan kudapan ini? Makanan ini hampir bisa di jumpai di setiap pusat oleh-oleh pulau Jawa atau bahkan di setiap rest area jalan tol. Jajan khas banyuwangi ini renyah dan gurih. Makanan ini juga sering di jumpai mungkin hampir di setiap rumah dan selalu menjadi oleh-oleh khas Banyuwangi yang Favorit.

9. Rujak Soto 

Rujak Soto
Sumber : Google/bersosial

Rujak soto merupakan salah satu makanan khas Indonesia dan asalnya dari Banyuwangi.  perpaduan dari soto dan rujak menjadikan makanan khas Banyuwangi ini di gemari banyak orang. Di dalamnya terdapat daging sapi, babat dan ayam dan juga di sajikan dengan banyak sayuran seperti tempe, timun, kangkung, tauge dan turi. Oleh sebab itu di namakan rujak soto. Karena rasanya enak dan segar. Kuliner ini juga sering di jadikan oleh-oleh khas Banyuwangi.

10. Keripik Rumput Laut 

oleh-oleh khas banyuwangi
Sumber : Google/bersosial

Kerupuk rumput laut juga salah satu oleh oleh khas Banyuwangi. Berbeda dari kerupuk lainnya, Banyuwangi punya kerupuk rumput laut yang punya cita rasa yang berbeda.

Selain rasanya enak dan nikmat, kerupuk ini di percaya baik untuk tubuh karena bahan utamanya yaitu rumput laut segar.

———————————

oleh :